Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Konsumsi Karbohidrat Kompleks Saat Puasa

Kompas.com - 11/04/2023, 18:04 WIB
Diva Inggar Sabilillah,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber kemenkes

KOMPAS.com - Penting untuk mengonsumsi makanan yang bergizi lengkap saat sahur agar tubuh tetap kuat berpuasa seharian.

Ahli gizi Mifta Novikasari mengatakan bahwa sahur itu penting karena merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi yang optimal. 

“Jika tubuh tidak mendapat energi dan gizi yang cukup, tubuh akan lemas. Kalau sudah lemas, daya tahan tubuh kita menurun. Hal itu menyebabkan tubuh mudah sekali untuk terinfeksi penyakit,” ujar Novi pada acara Buka Puasa Bersama Frisian Flag yang bertema “Kebaikan Susu di Bulan Ramadhan”, Jakarta (10/03/2023).

Baca juga:

Novi mengatakan bahwa salah satu kunci kuat berpuasa seharian adalah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Mengutip laman resmi Kemenkes, karbohidrat kompleks memiliki rantai gula yang lebih panjang, sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Karbohidrat kompleks bisa menjaga kadar gula darah stabil serta mengandung serat yang bisa memperlancar saluran pencernaan.

“Pilih sumber karbohidrat kompleks karena lebih lama dicerna tubuh, sehingga bisa memberi rasa kenyang lebih lama, serta memberi energi pada tubuh untuk beraktivitas dalam waktu lebih lama,” kata Novi.

Nasi merah adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang juga kaya antioksidan. Mengganti nasi putih dengan nasi merah ke dalam bahan nasi goreng, dapat membuat menu ini menjadi lebih sehat dikonsumsi.SHUTTERSTOCK/AMARITA Nasi merah adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang juga kaya antioksidan. Mengganti nasi putih dengan nasi merah ke dalam bahan nasi goreng, dapat membuat menu ini menjadi lebih sehat dikonsumsi.

Jika biasanya kamu hanya mengkonsumsi nasi putih, Novi menyarankan untuk menggantinya dengan nasi merah atau nasi hitam.

Pasalnya, kedua jenis nasi tersebut mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat kenyang lebih lama.

“Jika biasanya makan roti biasa, kamu bisa menggantinya dengan roti gandum supaya kenyangnya lebih tahan lama,” kata Novi.

Novi juga menyarankan untuk mengonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks lain, yaitu kentang, brokoli, zukini, jagung, dan kacang polong.

Baca juga:

Imbangi karbohidrat kompleks dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin, mineral, dan lemak agar kebutuhan gizi tubuh menjadi lebih seimbang.

Novi juga mengingatkan untuk selalu minum air putih dengan takaran yang sesuai, yaitu pola 2-4-2 atau delapan gelas dalam sehari.

Kamu bisa minum dua gelas air putih saat buka puasa, empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, dan dua gelas saat sahur.

“Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik,” kata Novi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com