Kompas.com - 16/08/2021, 13:35 WIB
ilustrasi ubi jalar PIXABAY/SILENTPILOTilustrasi ubi jalar

KOMPAS.com - Nasi merupakan sumber karbohidrat yang paling umum bagi masyarakat Indonesia.

Tiap 100 gram nasi putih diketahui mengandung 129 kkal kalori, 27,9 gram karbohidrat, 2,66 gram protein, 0,26 gram lemak, dan indeks glikemik nasi sekitar 91-105.

Sebenarnya bukan hanya nasi yang merupakan sumber karbohidrat. Ada beberapa makanan lain yang juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan cocok dijadikan makanan pokok.

Baca juga:

Simak empat sumber karbohidrat dan kandungannya yang dibagikan oleh Dokter dan Ahli Gizi Masyarakat DR. dr. Tan Shot Yen, M.hum berikut ini.

1. Singkong

ilustrasi singkongPIXABAY/BRETT_HONDOW ilustrasi singkong

Kandungan karbohidrat singkong tidak jauh berbeda dengan kandungan karbohidrat nasi, yaitu sebesar 38,06 kilogram per 100 gram singkong.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski memiliki kandungan karbohidrat yang hampir serupa, Tan mengatakan bahwa jumlah protein pada singkong termasuk kecil.

Baca juga: 15 Resep Olahan Tape Singkong yang Enak, Bahannya Sederhana

"Tetapi (singkong) proteinnya kecil. Makanya ada istilah empat pilar gizi seimbang, salah satunya makanlah sumber pangan beragam," kata Tan kepada Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Kandungan lain pada 100 gram singkong adalah 160 gram kalori, 1,36 gram protein, 0,28 gram lemak, dan indeks glikemik singkong sekitar 60-80.

Ilustrasi tanaman jagung.SHUTTERSTOCK/AEDKA STUDIO Ilustrasi tanaman jagung.

2. Jagung

Selain nasi dan singkong, sumber karbohidrat lainnya yang bisa kamu temukan di Indonesia adalah jagung.

Mengutip berita Kompas.com yang tayang pada Senin (1/3/2021), jagung merupakan salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi di beberapa daerah di Indonesia, seperti Madura dan Nusa Tenggara Timur.

Tiap 100 gram jagung diketahui mengandung 355 kkal kalori, 73,7 gram karbohidrat, 9.2 gram protein, 3,9 gram lemak, dan indeks glikemik jagung 48.

 Baca juga: Cara Masak Jagung Muda, Tidak Cuma Ditumis Saja

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.