Kompas.com - 10/02/2022, 18:07 WIB

KOMPAS.com - Ubi jalar dan nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang populer di Indonesia.

Dikutip dari Healthline, setiap satu buah ubi jalar rebus berukuran sedang mengandung 27 gram karbohidrat.

Sementara 178 gram nasi putih setidaknya terdiri dari 53 gram kandungan karbohidrat, seperti dikutip Healthline.

Lily Arsanti Lestari, Staf Pengajar Prodi S1 Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM mengatakan, ubi jalar merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik dibandingkan dengan nasi putih bila dilihat dari indeks glikemiknya.

"Membandingkan antara nasi dan ubi jalar, nasi itu kan lumayan tinggi (indeks glikemiknya), ada yang sampai 90-an. Kalau ubi jalar dari 50-an sampai 100," ujar Lily.

Rendahnya indeks glikemik ubi jalar menjadikan umbi batang ini aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

"Lebih bagus ubi jalar karena indeks glikemiknya rendah dan seratnya lumayan. Dia sumber serat, sekitar tiga persen, sedangkan beras itu indeks glikemiknya lebih tinggi," tuturnya.

Sebaliknya, pengidap diabetes tidak disarankan mengonsumsi nasi putih karena dapat menyebabkan lonjakan gula darah, seperti dikutip Harvard TH Chan School of Public Health.

Menurut Lily, sebaiknya konsumsi nasi putih diselingi dengan alternatif sumber karbohidrat lainnya, terutama bagi pengidap diabetes.

"Misalnya sehari itu makan tiga kali, ya mungkin untuk karbohidratnya tidak nasi terus, entah itu ubi jalar, singkong, kentang , jagung, gitu ya," kata Lily.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.