Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Souffle Pancake Viral, Hasilnya Lembut dan Tidak Kempes

Kompas.com - 28/11/2022, 07:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamu pernah melihat pancake dengan konsistensi lembut dan bentuknya tebal ? Pancake ini akrab disebut juga dengan souffle.

Souffle pancake ialah sebutan untuk pancake khas Jepang, beberapa waktu yang lalu kue ini sempat viral di media sosial karena peminatnya cukup banyak.

Souffle pancake dapat dibuat dengan bahan dan alat yang ada di rumah. Di sini kamu bisa memanfaatkan wajan antilengket untuk memanggang adonan.

Resep souffle pancake ala rumahan selengkapnya bisa dilihat di laman instagram @My.Foodplace berikut. 

Baca juga:

Resep souffle pancake

Bahan souffle pancake:

  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 50 mililiter air lemon
  • 70 mililiter susu
  • Cokelat leleh secukupnya (untuk topping)

Baca juga:

Cara membuat souffle pancake:

1. Aduk kuning telur, tepung terigu, dan susu di dalam wadah menggunakan whisker hingga tercampur rata. Sisihkan.

2. Di wadah terpisah, aduk putih telur dan gula menggunakan mikser hingga adonan kaku. Tambahkan air lemon sembari mengaduk putih telur.

3. Campur adonan putih telur ke dalam campuran terigu, lalu aduk dengan teknik melipat hingga tercampur rata. Tambahkan vanila dan aduk kembali dengan teknik melipat.

4. Siapkan cetakan berbentuk bulat dari kertas di atas telfon anti lengket, lalu tuang adonan pancake ke dalam cetakan.

5. Panggang pancake menggunakan api kecil hingga bagian bawah pancake berwarna kecoklatan, kemudian balik adonan dan panggang sisi lainnya hingga berwarna kecoklatan. 

6. Angkat pancake dan lepaskan cetakan kertas yang menempel. Sajikan pancake dengan siraman cokelat leleh. 

@my.foodplace Hi Foodlovers.. tau gak sih ada kue imut-imut yang lagi viral, namanya, Souffle Pancake ???? Ini tuh teksturnya creamy banget dan fluffy, apalagi ditambah lelehan cokelat di atasnya. Dijamin bikin nagih dan pengin terus ???? Cocok banget buat sajian untuk kumpul keluarga, arisan, bahkan bisa untuk ide jualan juga, loh. Langsung simak aja yuk resep berikut ini???????? Souffle Pancake 100 gram Tepung Terigu 50 gram gula pasir 2 butir telur 50 ml air lemon 70 ml susu Secukupnya lelehan cokelat untuk topping Jangan lupa follow @my.foodplace dan baca resep selengkapnya klik link yang ada di bio, ya! #souffle #soufflepancake #fluffycake #makananviral #foodplace #kompascom #serunyabelajar ? Melting - Kali Uchis
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com