Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 10:07 WIB

KOMPAS.com - Pastel menjadi salah satu gorengan favorit dengan isian yang berbagai macam. Ada isian bihun, sayuran hingga ragout. 

Apa pun jenis isian yang akan kamu gunakan untuk pastel, kamu perlu tahu cara menggoreng pastel agar kulitnya renyah, tidak mudah bocor, dan renyah. Dilansir dari beberapa sumber, simak tips membuatnya berikut ini. 

Baca juga:

1. Goreng pastel dalam minyak panas

Dilansir dari majalah Saji / ED 425 NOV 2018 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, pastel mentah atau frozen bisa digoreng di dalam minyak yang panas. Hal tersebut perlu dilakukan agar kulitnya langsung berbintil atau adanya gelembung kecil-kecil. 

2. Isian pastel agak kering

Dilansir dalam buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner – Berbisnis Ayam Goreng ala KFC (Ayam Kremes,Ayam Tulang Lunak, & Aneka" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Mediantara Infopersada.

Pada saat akan mengisi pastel, pastikan isiannya tidak terlalu basah. Isian pastel yang basah bisa membuat kulit pastel menjadi lebih cepat lembek.

Ilustrasi pastel goreng renyah. SHUTTERSTOCK/ Diade Riva Nugrahani Ilustrasi pastel goreng renyah.

3. Goreng pastel frozen dua kali

Dilansir dari artikel Kompas.com yang tayang pada hari Rabu (04/08/2021), Chef Solihin, salah satu chef di perusahaan tepung pre - mix menyarankan untuk menggoreng pastel dua kali saat akan mengolah adonan pastel frozen.

"Kalau misalkan pastelnya itu keluar dari freezer, terus mau digoreng, nah itu bisa digoreng dua kali," jelas Solihin.

4. Goreng pastel pada suhu sekitar 120-150 derajat celsius

Namun, jika kamu akan menggoreng pastel yang baru saja dibuat maka cukup menggorengnya sekali saja. Solihin mengatakan kalau menggoreng pastel bisa dengan menggunakan minyak panas dengan suhu 120-150 derajat celsius.

5. Jangan sering bolak-balik pastel

Selanjutnya, ada cara goreng pastel kering agar tidak bocor yaitu dengan tidak membolak-balik adonan terlalu sering. Pastikan selasa proses goreng, kamu hanya melakukan sekali aduk atau balik.

Majalah Saji / ED 425 NOV 2018 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

Buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner – Berbisnis Ayam Goreng ala KFC (Ayam Kremes,Ayam Tulang Lunak, & Aneka" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Mediantara Infopersada bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+