Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Goreng Pastel agar Renyah dan Berisi, Goreng Dua Kali

Kompas.com - 26/11/2022, 10:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Pastel menjadi salah satu gorengan favorit dengan isian yang berbagai macam. Ada isian bihun, sayuran hingga ragout. 

Apa pun jenis isian yang akan kamu gunakan untuk pastel, kamu perlu tahu cara menggoreng pastel agar kulitnya renyah, tidak mudah bocor, dan renyah. Dilansir dari beberapa sumber, simak tips membuatnya berikut ini. 

Baca juga:

1. Goreng pastel dalam minyak panas

Dilansir dari majalah Saji / ED 425 NOV 2018 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, pastel mentah atau frozen bisa digoreng di dalam minyak yang panas. Hal tersebut perlu dilakukan agar kulitnya langsung berbintil atau adanya gelembung kecil-kecil. 

2. Isian pastel agak kering

Dilansir dalam buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner – Berbisnis Ayam Goreng ala KFC (Ayam Kremes,Ayam Tulang Lunak, & Aneka" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Mediantara Infopersada.

Pada saat akan mengisi pastel, pastikan isiannya tidak terlalu basah. Isian pastel yang basah bisa membuat kulit pastel menjadi lebih cepat lembek.

Ilustrasi pastel goreng renyah. SHUTTERSTOCK/ Diade Riva Nugrahani Ilustrasi pastel goreng renyah.

3. Goreng pastel frozen dua kali

Dilansir dari artikel Kompas.com yang tayang pada hari Rabu (04/08/2021), Chef Solihin, salah satu chef di perusahaan tepung pre - mix menyarankan untuk menggoreng pastel dua kali saat akan mengolah adonan pastel frozen.

"Kalau misalkan pastelnya itu keluar dari freezer, terus mau digoreng, nah itu bisa digoreng dua kali," jelas Solihin.

4. Goreng pastel pada suhu sekitar 120-150 derajat celsius

Namun, jika kamu akan menggoreng pastel yang baru saja dibuat maka cukup menggorengnya sekali saja. Solihin mengatakan kalau menggoreng pastel bisa dengan menggunakan minyak panas dengan suhu 120-150 derajat celsius.

5. Jangan sering bolak-balik pastel

Selanjutnya, ada cara goreng pastel kering agar tidak bocor yaitu dengan tidak membolak-balik adonan terlalu sering. Pastikan selasa proses goreng, kamu hanya melakukan sekali aduk atau balik.

Majalah Saji / ED 425 NOV 2018 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

Buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner – Berbisnis Ayam Goreng ala KFC (Ayam Kremes,Ayam Tulang Lunak, & Aneka" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Mediantara Infopersada bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com