Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Deep Dish Pizza, Makanan Asal Chicago Berbentuk Mirip Pie?

Kompas.com - 21/10/2022, 08:11 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bukan hanya Italia, Amerika juga memiliki beberapa jenis pizza populer. Satu di antaranya adalah chicago-style pizza.

Chicago-style pizza dikenal juga dengan sebutan deep dish pizza. Bentuknya sedikit berbeda dengan kebanyakan pizza sebab lebih mirip dengan pie.

Hal itu dibenarkan oleh Andrew Heyzer, pemilik Giulia’s Chicago Pizzeria. Menurutnya, di Chicago, deep dish pizza memang dikenal dengan bentuknya yang unik seperti pie.

Andrew mengatakan, tidak diketahui pasti asal deep dish pizza. Namun, makanan ini pertama kali populer di salah satu restoran di Chicago pada 1947.

Pemilik tempat makan tersebut diketahui merupakan imigran asal Italia yang membuat pizza dengan bentuk berbeda.

"Ukuran dough deep dish pizza yang benar itu tidak tebal, tetapi tidak terlalu tipis juga biar ada rasa crunchy," kata Andrew saat ditemui Kompas.com di Giulia’s Chicago Pizzeria, Rabu (19/10/2022).

Renyahnya deep dish pizza juga didapat dari campuran corn meal dalam adonannya yang menjadi bahan khas dalam pembuatan makanan ini.

Sementara saus dan topping-nya tidak berbeda jauh dengan kebanyakan pizza, yakni menggunakan saus tomat, pepperoni, keju, dan aneka sayuran.

Hanya saja, urutan pemberian saus dan topping deep dish pizza berbanding terbalik dengan thin crust, jenis pizza dengan roti tipis.

"Biasanya kan diberi saus tomat dulu baru keju. Nah, kalau deep dish pizza, saus tomatnya paling atas," ujar Andrew.

Baca juga:

 12 Hours Smoked Pepperoni Deep Dish Pizza di Giulia?s Chicago Pizzeria.Foodplace/Miftahul Rizky 12 Hours Smoked Pepperoni Deep Dish Pizza di Giulia?s Chicago Pizzeria.

Adonan deep dish pizza yang telah diistirahatkan, dimasukkan dan disesuaikan ukurannya ke dalam loyang berukuran 30 sentimeter.

Keju berbentuk lembaran maupun parutan pun di letakkan sebagai lapisan terbawah setelah kulitnya, dilanjutkan dengan pemberian topping dan saus tomat sebagai lapisan paling atas.

Sebenarnya, parmesan parut masih diberi di atas deep dish pizza. Namun, jumlahnya tidak banyak.

Berbeda dengan keju yang ditaruh paling bawah dan saus tomatnya. Pada deep dish pizza, dua bahan ini paling mendominasi isiannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com