Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Cara Panggang 3 Jenis Pizza, Ada Calzone dan Pizza Lingkaran

Kompas.com - 01/06/2022, 10:04 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Piza tidak hanya dibuat menjadi bentuk bulatan, tetapi juga ada yang berbentuk persegi seperti detroit dan bentuk pastel jumbo seperti calzone.

Meskipun sama-sama piza, akan tetapi masing-masing jenis piza ini memiliki cara yang berbeda saat proses pemanggangan.

Simak perbedaan cara panggang ketiga jenis piza dari pemilik sekaligus juru masak di gerai My Pizza Eril Farhan berikut.

Baca juga:

1.  Cara panggang piza biasa (bentuk lingkaran)

Cara panggaang piza gaya Amerika dan gaya Eropa yang berbentuk lingkaran umumnya sama. Akan tetapi yang menjadi perbedaan yaitu ada pada waktu pemanggangan.

"Kalau Italian piza suhunya bisa sampai 400 derajat celsius sekitar satu setengah menit," kata Eril saat ditemui oleh Kompas.com di gerai My Pizza pada Selasa (24/5/2022).

Sedangkan temperatur untuk memanggang piza gaya Amerika berkisar mulai dari 300 hingga 350 derajat celsius sekitar lima hingga enam menit. 

Eril juga menyarankan sebaiknya adonan piza dipanggang menggunakan oven tungku dan kayu bakar untuk mendapatkan hasil piza terbaik.

2. Cara panggang detroit

Ilustrasi detroit, pizza gaya Amerika berbentuk persegi.Dok. The Kitchn Ilustrasi detroit, pizza gaya Amerika berbentuk persegi.

Proses pemanggangan detroit membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar delapan menit. Hal ini karena adonan detroit lebih tebal dibanding piza biasa.

"Kalau detroit suhunya masih sama dengan piza biasa, sekitar 300 hingga 350 derajat celsius," katanya.

Saat proses pemanggangan, adonan detroit tidak diletakkan langsung di atas rak oven, akan tetapi di masukkan ke dalam wadah tahan panas berbentuk pergi panjang.

Cara ini dilakukan suaya bentuk persegi detorit dapat dicetak dengan baik tanpa adanya adonan yang berantakan saat proses pemanggangan. 

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com