Kompas.com - 01/10/2022, 09:03 WIB

 

KOMPAS.com - Serabi solo punya ciri khas yaitu tidak dihidangkan dengan kuah santan yang manis. Bahan utama untuk membuatnya adalah dengan mencampurkan tepung beras, santan, dan gula.

Selain itu, ada aneka topping seperti keju, irisan nangka, dan pisang yang menambah lezat serabi asli Solo. Dengan mengikuti takaran bahan yang tepat berikut ini, kamu bisa membuatnya dengan hasil yang lembut.

Dilansir dari buku "Jajanan Kaki Lima Khas Solo" (2013) oleh Linda Carolina Brotodjojo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, bikin dengan wajan antilengket di rumah.

Baca juga:

Resep serabi solo

Bahan

  • 500 gram tepung beras
  • 250 gram gula pasir
  • Santan kental dari satu butir kelapa
  • 600 ml air
  • Soda kue secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya
  • Cokelat meises
  • Irisan pisang dan nangka

Cara membuat serai solo

  1. Tambah tepung beras dan campur dengan air. Aduk hingga adonan matang merata. Masukkan gula dan bubuhkan dengan soda kue secukupnya.
  2. Siapkan santan yang sudah dimasak, tuang adonan di wajan dengan api arang atau api gas. Tuang sekitar satu sendok sayur adonan. Kalau adonan serabi setengah matang, tuang santan kental di atasnya. Tutup wajan.
  3. Tambahkan dengan cokelat atau nangka sebagai toppingnya. Kalau serabi sudah ada tepinya, itu artinya serabi matang.

Buku "Jajanan Kaki Lima Khas Solo" (2013) oleh Linda Carolina Brotodjojo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.