Kompas.com - 25/09/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Salah satu menu sarapan masyarakat Jepang yaitu pancake. Keunikan pancake Jepang terletak pada bentuknya yang tebal serta terasa empuk dan lembut.

Salah satu kunci membuat pancake khas Jepang yaitu ada pada penggunaan tepung self-raising. Namun, bila tak menemukan tepung self-raising di pasaran, kamu bisa meraciknya sendiri di rumah.

Dikutip dari laman Healthline, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggantikan tepung self-raising. Cara paling mudah yakni mengaduk tepung serba guna dengan baking powder.

Caranya, untuk setiap 375 gram tepung serbaguna memerlukan sekitar 10 gram baking powder.

Bila ingin mencoba membuat pancake khas Jepang sebagai menu sarapan di rumah, simak resepnya dari laman BBC Good Food berikut ini.

Baca juga:

Resep pancake khas Jepang

Bahan pancake khas Jepang:

  • 150 gram tepung self-raising 
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 2 sendok makan gula kastor
  • 2 butir telur
  • 1 sendok makan minyak lobak 
  • 180 mililiter susu
  • Ekstrak vanila secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Sirop (sesuai selera untuk topping)

Baca juga:

Cara membuat pancake khas Jepang

1. Ayak tepung dan baking powder ke dalam mangkuk lalu tambahkan gula. Masukkan telur dan minyak kemudian aduk sembari dituang susu secara perlahan.

2. Tambahkan vanili dan aduk kembali hingga adonan halus dan tidak ada gumpalan. Kemudian letakkan cetakan pancake di atas teflon lalu basahi teflon dan cetakan menggunakan sedikit minyak goreng.

3. Tuang adonan pancake ke dalam setengah cetakan, lalu masak sekitar 10 menit menggunakan api kecil. Bila bagian atas pancake sudah nampak bergelembung dan bagian tepi kering, balikkan sisi pancake.

4. Masak kembali sisi berikutnya selama satu hingga dua menit, lalu angkat dan sajikan selagi hangat dengan tambahan topping sirop.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.