Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Pancake Jepang Tanpa Mikser, Ide Sarapan Praktis untuk Anak

KOMPAS.com - Salah satu menu sarapan masyarakat Jepang yaitu pancake. Keunikan pancake Jepang terletak pada bentuknya yang tebal serta terasa empuk dan lembut.

Salah satu kunci membuat pancake khas Jepang yaitu ada pada penggunaan tepung self-raising. Namun, bila tak menemukan tepung self-raising di pasaran, kamu bisa meraciknya sendiri di rumah.

Dikutip dari laman Healthline, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggantikan tepung self-raising. Cara paling mudah yakni mengaduk tepung serba guna dengan baking powder.

Caranya, untuk setiap 375 gram tepung serbaguna memerlukan sekitar 10 gram baking powder.

Bila ingin mencoba membuat pancake khas Jepang sebagai menu sarapan di rumah, simak resepnya dari laman BBC Good Food berikut ini.

  • Dilumuri Susu Kental Manis, Ini 3 Resep Pancake Mangga
  • Resep Pancake Labu Kuning Lembut untuk Sarapan
  • Resep Pancake Lembut dan Sehat ala Jepang, Bikin Pakai Tahu Sutrra

Cara membuat pancake khas Jepang

1. Ayak tepung dan baking powder ke dalam mangkuk lalu tambahkan gula. Masukkan telur dan minyak kemudian aduk sembari dituang susu secara perlahan.

2. Tambahkan vanili dan aduk kembali hingga adonan halus dan tidak ada gumpalan. Kemudian letakkan cetakan pancake di atas teflon lalu basahi teflon dan cetakan menggunakan sedikit minyak goreng.

3. Tuang adonan pancake ke dalam setengah cetakan, lalu masak sekitar 10 menit menggunakan api kecil. Bila bagian atas pancake sudah nampak bergelembung dan bagian tepi kering, balikkan sisi pancake.

4. Masak kembali sisi berikutnya selama satu hingga dua menit, lalu angkat dan sajikan selagi hangat dengan tambahan topping sirop.


https://www.kompas.com/food/read/2022/09/25/090300975/resep-pancake-jepang-tanpa-mikser-ide-sarapan-praktis-untuk-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke