Kompas.com - 24/09/2022, 15:06 WIB

KOMPAS.com - Kopi wine adalah biji kopi yang mengalami masa fermentasi berlebih sehingga menghasilkan cita rasa asam atau kecut serupa rasa wine.

"Proses fermentasi kopi wine itu hampir mirip dengan proses kopi natural pascapanen, bedanya kopi wine ini butuh waktu yang lebih banyak sekitar 30 sampai 60 hari," kata Barista Trainer & Roaster di Kopiku Indonesia Yoris Sumartin kepada Kompas.com pada Kamis (22/9/2022).

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Kopi Wine?

Menurut Yoris rasa dan aroma yang dihasilkan dari kopi wine serupa dengan buah anggur yang difermentasi.

"Dari metode fermentasi kering ini bisa memunculkan rasa seperti fermentasi anggur atau wine. Jadi dia kopi yang rasanya kayak wine," katanya.

Setiap biji kopi dapat diolah menajdi kopi wine. Bila ingin mendapat hasil terbaik disarankan untuk menggunakan ceri kopi yang sudah matang berwarna merah.

Yoris mengatakan bahwa sering terjadi kesalahpahaman makna mengenai kopi wine, seperti dimaknai sebagai kopi yang diberi campuran alkohol.

Hal serupa juga dikatakan oleh roaster kopi di Bagi Kopi Indonesia Dien Ksatria Widhibrata. Dien menegaskan bahwa kopi wine tidak mengandung wine atau alkohol.

Untuk diketahui bahwa wine ialah minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi buah anggur. Dalam syariat Islam, wine termasuk haram dikonsumsi karena memabukkan.

Lalu, bagaimana dengan status kehalalan kopi wine?

Baca juga:

Ilustrasi proses roasting biji kopi. SHUTTERSTOCK/ARTEM VARNITSIN Ilustrasi proses roasting biji kopi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.