Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kuliner Wajib di Kota Pariaman, Ada Sala Hingga Gulai Kepala Ikan

Kompas.com - 27/07/2022, 21:02 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Memasuki tahun baru Islam 2022, Kota Pariaman, Sumatera Barat, khususnya di daerah pesisir pantai akan mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan. 

Wisatawan datang berkunjung untuk menyaksikan tradisi tabuik yang dilaksanakan kembali setelah dua tahun ditunda karena pandemi Covid 19. 

Dikutip dari Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya BPN Sumbar yang berjudul "Upacara Tabuik: Ritual Keagamaan pada Masyarakat Pariaman" karya Refisrul (2016) menjelaskan bahwa tabuik merupakan tradisi keagamaan masyarakat Kota Pariaman yang diadakan mulai 1-10 Muharram.

Baca juga: Festival Hoyak Tabuik di Pariaman Akan Digelar Lagi Akhir Juli 2022

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati syahidnya cucu Nabi Muhammad SAW, yakni Husein bin Abi Thalib yang wafat di Padang Karbela. 

Selain terkenal dengan budayanya, Kota Pariaman juga punya beragam kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Apabila kamu tahun ini ikut menyaksikan acara tabuik dan baru pertama kali berkunjung ke Kota Pariaman, berikut beberapa rekomendasi kuliner khas Pariaman yang wajib kamu cicipi.

Baca juga:

1. Nasi sek

Nasi sek atau disebut juga dengan nasi saratuih kanyang (seratus kenyang) merupakan nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang dan dibentuk seperti limas.

Ukurannya segenggam tangan orang dewasa dan biasanya disantap bersama lauk pendamping seperti gulai kepala ikan, sala lauak, sambalado, ikan bakar, daun singkong rebus, hingga gulai jengkol.

Nasi sek merupakan usaha rumah makan yang hanya ada di Kota Pariaman. Dahulu kuliner ini harganya murah yakni cuma seratus rupiah dan sangat diminati oleh masyarakat Pariaman.

Hal ini dijelaskan dalam Jurnal UIN Suaka Riau yang berjudul "Peranan Usaha Rumah Makan Nasi Sek Terhadap Peningkatan Ekonomi Karyawannya di Kelurahan Pasir Pariaman Ditinjau Menurut Ekonomi Islam" karya R Ardiles (2018).

Akan tetapi seiring perkembangan zaman, nasi sek tidak lagi dipandang murah karena sudah banyak kebaharuan berupa variasi lauk pendaming.

Lokasi penjual nasi sek pun hanya ada di sepanjang pantai Gandoriah, Kota Pariaman saja. 

Baca juga: Resep Sala Lauak, Gorengan Ikan Teri Khas Padang Pariaman

2. Sala lauak (sala ikan)

Sala lauak ialah makanan khas daerah Pariaman yang dibuat dari campuran tepung beras, bumbu, rempah, dan daging ikan yang dimasak dengan cara digoreng.

Adonannya berwarna kuning kemerahan, berbentuk bulat, teksturnya renyah, dan rasanya gurih.

Sala dibuat dengan ukuran berbeda-beda, ada yang seukuran kelereng, hingga ada yang seukuran bola pingpong.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com