Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Teh Telur Khas Padang, Tambah Stamina Saat Musim Pancaroba

Kompas.com - 25/07/2022, 21:26 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teh talua atau teh telur merupakan minuman khas Sumatera Barat yang dibuat dari campuran teh hangat dan telur mentah.

Meskipun bahan yang digunakan tampak sederhana, tetapi ada teknik khusus yang dilakukan saat mengocok telur supaya tidak meninggalkan bau dan rasa amis.

Caranya yaitu kocok telur di dalam gelas secara satu arah dengan cepat dan konstan hingga teksturnya mengembang dan berbusa. Selain itu beri sedikit perasan jeruk nipis untuk penambah rasa.

Apabila kamu ingin mencoba membuat teh talua di rumah, sebaiknya gunakan telur bebek atau bisa juga pakai telur ayam kampung.

Hal ini dikatakan oleh Dani, penjual teh talua di acara Festival Budaya Minang Luhak Nan Tigo 2022 pada Jumat (22/7/2022).

Resep teh talua khas Sumatera Barat bisa dilihat di buku "Jajanan Kaki Lima Khas Padang" (2009) karya Linda Carolina Brotodjojo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut.

Baca juga:

Resep teh telur

Bahan teh telur:

  • 2 sendok teh bubuk teh
  • 300 mililiter air
  • 1 butir kuning telur (telur ayam kampung atau telur bebek)
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 iris jeruk nipis 

Baca juga:

Cara membuat teh telur padang:

1. Rebus teh dengan air hingga mendidih, setelah itu kecilkan api.

2. Campur kuning telur dan gula di dalam gelas, lalu aduk dengan sendok hingga kuning telur berbuih dan berwarna agak putih. Setelah itu tuang teh mendidih ke dalam gelas berisi kocokan telur.

3. Aduk telur dan teh hingga tercampur rata, lalu beri sedikit air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis telur. Teh talua siap disajikan dalam keadaan hangat. 

Baca juga:

Buku "Jajanan Kaki Lima Khas Padang" (2009) karya Linda Carolina Brotodjojo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli secara online di Gramedia.com. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com