Kompas.com - 25/05/2022, 14:08 WIB

KOMPAS.com - Kamu pernah melihat makanan yang ditata sedemikian rupa sehingga tampak menarik saat disajikan? Teknik penataan dan penyajian makanan ini disebut juga dengan plating.

Plating ini umum dilakukan oleh koki hotel atau restoran saat menghidangkan makanan kepada pembeli. 

Chef Tan Leonardi Ali saat acara Workshop "Western Cuisine Platting Technique" ICE Expo di JIExpo Kemayoran, Jakarta, mengatakan teknik plating penting dilakukan untuk memberikan kesan baik dan menyenangkan kepada orang yang akan menyantap makanan.

Ali menjelaskan ada lima tips yang perlu diperhatikan saat menata makanan. 

Baca juga:

1. Perhatikan tekstur makanan

Penting untuk mengetahui bagaimana tekstur makanan sebelum disajikan di atas piring supaya hasil tatanan makanan tidak berantakan.

"Contohnya saat platting saus, lihat dulu apakah teksturnya thick (kental), padat, atau encer, " kata Tan Ali pada Jumat (20/5/2022).

Selain itu kamu juga perlu mengetahui bagaimana kondisi tekstur makanan setelah dihidangkan, akankah makanan berubah menjadi encer, meleleh, atau berubah menjadi keras. 

2. Perhatikan komposisi makanan

Penataan makanan di atas piring saji tidak hanya berkutat perihal cantik atau tidaknya bentuk hidangan.

"Platting yang bagus itu harus memperhatikan komposisi," katanya.

Lengkap atau tidaknya komposisi makanan dapat dilihat dari kelengkapan gizi seperti karbohidrat maupun protein yang digunakan. 

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.