Kompas.com - 15/11/2020, 19:37 WIB

KOMPAS.com - Food plating atau food presentation, seni menata makanan di atas wadah saji. Presentasi sajian juga menjadi bagian penilaian MasterChef Indonesia season 7.

Melakukan food plating bukan hanya untuk sajian di restoran, kamu dapat melakukannya ketika memasak di rumah. Nantinya, bisa difoto dan hasilnya untuk koleksi feed di Instagram.

Baca juga: 5 Tips Foto Makanan dengan Kamera Handphone, Modal untuk Jualan Online

Bagi sebagian orang, makanan terlihat lebih lezat apabila penampilannya menarik.

Menata makanan tidak memerlukan peralatan mahal atau rumit. Mulai dari ukuran wadah saji sampai garnish, berikut cara menata makanan di atas piring berdasarkan The Kitchn.

1. Pakai wadah saji ukuran sedang

Pakai wadah saji yang ukurannya tidak terlalu besar atau kecil. Makanan yang ditata di atas piring harus terlihat seperti porsinya banyak tetapi tidak terlalu penuh.

Kalau memakai piring besar, makanan terlihat terlalu sedikit. Sementara apabila menggunakan piring terlalu kecil, makanan mungkin kelihatan penuh.

Ilustrasi pasta di atas piring saji bundar putih. SHUTTERSTOCK/TIMOLINA Ilustrasi pasta di atas piring saji bundar putih.

Biarkan tepian piring tetap terlihat, jangan tutupi dengan makanan. Biarkan setidaknya 1/4 atau 1/3 pinggir piring kosong.

Memberikan ruang di sekitar makanan membantu menarik perhatian ke makanan yang sebenarnya.

Jika menggunakan mangkuk, maka sebaiknya terlihat penuh. Letakkan makanan agak menumpuk ke atas di bagian tengah mangkuk.

2. Gunakan piring warna putih

Gunakan piring berwarna putih atau warna netral seperti abu-abu gelap dan biru pastel. Kalau kamu melihat akun foodies atau restoran, rata-rata menggunakan piring putih.

Pasalnya, piring warna cerah dan bold bertabrakan dengan makanan.

Ilustrasi sarden kaleng dimasak dengan beragam bumbu. SHUTTERSTOCK/DEENIDA Ilustrasi sarden kaleng dimasak dengan beragam bumbu.

3. Pakai piring bundar

Menggunakan piring bundar untuk food plating bukanlah hal mutlak. Namun, lebih mudah menata makanan di atas piring bundar daripada piring kotak.

4. Tumpuk makanan

Cara menata makanan adalah dengan menumpuknya di atas wadah saji, bukan disebar. Pasalnya, cara ini memberikan efek melimpah. Seolah makanan yang disajikan banyak.

5. Jumlah makanan ganjil

Cara ini disebut juga the rule of three, maksudnya menyajikan makanan dalam jumlah ganjil.

Contohnya, letakkan makanan protein di samping 2 hidangan pendamping atau menumpuk 3 pancake di atas piring. Contoh lain, beri satu semprotan krim di atas French toast.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Kitchn
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.