Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Tata Makanan di Atas Piring, Plating Keren ala Peserta MasterChef Indonesia

Kompas.com - 15/11/2020, 19:37 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

Sumber The Kitchn

KOMPAS.com - Food plating atau food presentation, seni menata makanan di atas wadah saji. Presentasi sajian juga menjadi bagian penilaian MasterChef Indonesia season 7.

Melakukan food plating bukan hanya untuk sajian di restoran, kamu dapat melakukannya ketika memasak di rumah. Nantinya, bisa difoto dan hasilnya untuk koleksi feed di Instagram.

Baca juga: 5 Tips Foto Makanan dengan Kamera Handphone, Modal untuk Jualan Online

Bagi sebagian orang, makanan terlihat lebih lezat apabila penampilannya menarik.

Menata makanan tidak memerlukan peralatan mahal atau rumit. Mulai dari ukuran wadah saji sampai garnish, berikut cara menata makanan di atas piring berdasarkan The Kitchn.

1. Pakai wadah saji ukuran sedang

Pakai wadah saji yang ukurannya tidak terlalu besar atau kecil. Makanan yang ditata di atas piring harus terlihat seperti porsinya banyak tetapi tidak terlalu penuh.

Kalau memakai piring besar, makanan terlihat terlalu sedikit. Sementara apabila menggunakan piring terlalu kecil, makanan mungkin kelihatan penuh.

Ilustrasi pasta di atas piring saji bundar putih. SHUTTERSTOCK/TIMOLINA Ilustrasi pasta di atas piring saji bundar putih.

Biarkan tepian piring tetap terlihat, jangan tutupi dengan makanan. Biarkan setidaknya 1/4 atau 1/3 pinggir piring kosong.

Memberikan ruang di sekitar makanan membantu menarik perhatian ke makanan yang sebenarnya.

Jika menggunakan mangkuk, maka sebaiknya terlihat penuh. Letakkan makanan agak menumpuk ke atas di bagian tengah mangkuk.

2. Gunakan piring warna putih

Gunakan piring berwarna putih atau warna netral seperti abu-abu gelap dan biru pastel. Kalau kamu melihat akun foodies atau restoran, rata-rata menggunakan piring putih.

Pasalnya, piring warna cerah dan bold bertabrakan dengan makanan.

Ilustrasi sarden kaleng dimasak dengan beragam bumbu. SHUTTERSTOCK/DEENIDA Ilustrasi sarden kaleng dimasak dengan beragam bumbu.

3. Pakai piring bundar

Menggunakan piring bundar untuk food plating bukanlah hal mutlak. Namun, lebih mudah menata makanan di atas piring bundar daripada piring kotak.

4. Tumpuk makanan

Cara menata makanan adalah dengan menumpuknya di atas wadah saji, bukan disebar. Pasalnya, cara ini memberikan efek melimpah. Seolah makanan yang disajikan banyak.

5. Jumlah makanan ganjil

Cara ini disebut juga the rule of three, maksudnya menyajikan makanan dalam jumlah ganjil.

Contohnya, letakkan makanan protein di samping 2 hidangan pendamping atau menumpuk 3 pancake di atas piring. Contoh lain, beri satu semprotan krim di atas French toast.

Halaman:
Sumber The Kitchn
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com