Kompas.com - 25/05/2022, 10:09 WIB

KOMPAS.com - Sukun merupakan tanaman sejenis nangka. Bentuk dan tekstur duri dari keduanya mirip. 

Daging buah sukun berwarna putih dengan rasa agak manis dan lembut. Hanya saja, di dalamnya terdapat getah yang sering kali memberikan rasa pahit saat diolah menjadi makanan. 

Baca juga: Resep Kroket Sukun Isi Ayam, Enak Dimakan Pakai Rawit Hijau

Tenang, ada penjelasan mengenai cara olah sukun agar getahnya hilang dan empuk saat dibuat gorengan. Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Rendam dengan air garam 

Dilansir dari buku "Khasiat Istimewa Sukun" oleh Ketty Husnia Wardany penerbit CV Andi Offset, salah satu cara olah sukun agar tidak berubah warna menjadi cokelat karena proses oksidasi adalah rendam dengan air garam. 

2. Rendam dengan air kapur sirih

Selain cara olah sukun agar tidak berubah warna, sukun memiliki getah yang punya cita rasa pahit getir. Oleh karena itu, getah harus dihilankan. 

Dalam buku tersebut menyarankan untuk merendam sukun dengan air kapur selama kurang lebih 15 jam. 

Kamu juga bisa merendam irisan sukun tipis untuk membuat keripik dengan air kapur sirih. Rendam selaam 10-15 menit sebelum diolah.

Baca juga: Resep Sukun Balado, Sajian Mudah dan Murah untuk Santap Siang

Ilustrasi keripik sukun gurih dan renyah untuk isi stoples camilan di rumah.DOK.SHUTTERSTOCK/inalasta Ilustrasi keripik sukun gurih dan renyah untuk isi stoples camilan di rumah.

3. Cara pilih sukun yang benar 

Dilansir dari laman Kompas.com, Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto menyarankan untuk memilih sukun yang durinya mekar. 

Sukun dengan tekstur duri seperti itu memiliki tekstur daging yang empuk dan jumlah kandungan airnya banyak. 

4. Rendam dengan air bawang putih 

Kalau kamu berniat untuk membuat keripik sukun. Ada cara membuat keripik sukun gurih dan renyah yaitu merendamnya dengan air bawang putih. 

Baca juga: Tips Olah Sukun agar Getahnya Hilang dan Matangnya Pas

Buku "Khasiat Istimewa Sukun" oleh Ketty Husnia Wardany penerbit CV Andi Offset bisa diakses secara gratis melalui aplikasi iPusnas. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.