Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Simpan Kerang Bercangkang di Dalam Freezer agar Tidak Bau

Kompas.com - 12/05/2022, 20:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daging kerang yang masih berada di dalam cangkang sebaiknya segera diolah setelah dibawa oleh nelayan dari laut supaya masih terasa segar.

Jika kerang tidak cepat diolah dan dibiarkan terkena udara, maka daging kerang  akan cepat busuk karena mengalami oksidasi.

Selain menyediakan khusus daging kerang, usaha ikan laut segar Aiting Seafood juga menyediakan kerang yang masih bercangkang.

Pengelola bidang operasional Aiting Seafood Putri Yoga Presswari mengatakan supaya kerang tidak bau dan bisa tahan kama, kerang bercangkang di Aiting Seafood dijual dalam keadaan beku.

Putri mengatakan penyimpanan kerang bercangkang pun tidak boleh sembarang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyimpan kerang di dalam freezer. 

Baca juga:

1. Simpan pakai plastik vakum

Serupa dengan penyimpanan khusus daging kerang, kerang bercangkang dapat disimpan di dalam kemasan plastik sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

"Plastiknya divakum, karena kalau makanan yang ingin disimpan dalam keadaan beku harusnya memang tidak ada udara di dalamnya, bakal lebih awet," kata Putri saat ditemui oleh Kompas.com di studio Foodplace pada Senin (9/5/2022).

Baca juga:

Ilustrasi kerang segar di Aiting Seafood.Dok. Aiting Seafood/ Aiting Sutarti Ilustrasi kerang segar di Aiting Seafood.

2. Simpan dalam keadaan masih hidup

Syarat utama agar kerang bercangkang bisa tahan lama dan tidak bau yaitu harus dimasukkan ke dalam freezer dalam keadaan masih hidup.

Putri mengatakan apabila kerang yang disimpan sudah mati, maka kerang cepat bau karena sudah mengalami oksidasi sebelum proses pembekuan. 

Penyimpanan kerang bercangkang di dalam freezer dalam keadaan masih hidup dapat bertahan selama kurang lebih dua bulan.

Namun, Putri menyarankan untuk segera mengolah kerang apabila sudah dibeli dalam keadaan segar, supaya kualitas dari kerang segar tidak berkurang saat dimasak.

"Sebaiknya segera diolah, karena sayang saja soalnya dibeli karena fresh," ujar Putri.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com