Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Bersihkan Kerang Sebelum Diolah, Rendam Pakai Air Asin

Kompas.com - 11/05/2022, 21:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengelola bidang operasional usaha ikan laut segar Aiting Seafood  Putri Yoga Presswari mengatakan bahwa kerang yang dibawa oleh nelayan ke gudang produksi biasanya datang dalam keadaan masih kotor.

Oleh karena itu, sebelum diolah kerang perlu dibersihkan guna mengeluarkan pasir dan lumpur yang menempel pada kerang.

Cara membersihkan kerang dari lumpur ataupun pasir termasuk mudah, dan kamu juga bisa melakukannya di rumah. Putri menjelaskan dua cara membersihkan kerang yang biasa di lakukan di gudang produksi.

Baca juga:

1. Cuci pakai air mengalir

Langkah awal setelah pasokan kerang sampai di gudang produksi  yaitu membersihkan bekas lumpur dan pasir yang menempel pada kulit kerang.

"Kerang yang datang pasti dalam keadaan kotor, jadi kita cuci dulu. Konsumen juga tidak mau menerima barang yang kotor," kata Putri saat ditemui oleh Kompas.com di studio Foodplace Kompas.com pada Senin (9/5/2022).

Tahap awal pembersihan kerang dapat dilakukan menggunakan air asin mengalir. Selain kerang menjadi bersih, pembersihan juga harus dilakukan karena akan berpengaruh kepada timbangan.

"Lebih banyak pasir yang menempel pada kerang, akan lebih berat juga timbangannya," katanya.

Baca juga:

Ilustrasi kerang hijau dan kerang darah segar. SHUTTERSTOCK/DONTREE Ilustrasi kerang hijau dan kerang darah segar.

2. Rendam pakai air asin

Setelah proses pembersihan bagian luar kerang, langkah selanjutnya yaitu mengeluarkan sisa pasir yang ada di dalam kerang.

"Kalau mau lebih bersih lagi, paling direndam dulu. Tapi rendamnya juga tidak boleh sembarangan, harus pakai air asin juga, kalau pakai air tawar dia mati," katanya.

Putri mengatakan cangkang kerang yang masih hidup akan terbuka saat direndam. Sehingga dapat mengeluarkan sisa-sisa lumpur dan pasir yang menempel.

Proses perendaman kerang di dalam air asin biasanya dilakukan selama kurang lebih dua hingga tiga jam. Setelah bersih, kerang siap diolah menjadi aneka masakan. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com