Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Biji Ketapang Mete, Camilan Renyah Tahan Lama yang Irit Bahan

Kompas.com - 17/04/2022, 10:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Biji ketapang bisa kamu buat untuk mengisi stoples camilan di rumah. Biji ketapang memiliki rasa gurih dan renyah yang cocok untuk suguhan di meja ruang tamu. 

Pada resep biji ketapang yang satu ini, menggunakan kacang mete yang disangrai dan dicincang halus. Setelah itu, kacang mete dicampurkan dengan berbagai bahan lainnya. 

Baca juga: Resep Biji Ketapang Keju Tanpa Kelapa, Hasilnya Renyah dan Empuk

Simak cara membuat biji ketapang mete dari buku "1500 Resep Makanan Sehat Segala Usia" (2013) oleh Hindah Muaris terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Cuma pakai tujuh bahan saja. 

Resep biji ketapang mete

Bahan

  • 270 gram tepung terigu 
  • 100 gram kacang mete, sangrai, cincang halus
  • 150 gram gula bubuk 
  • 1/2 sdt garam 
  • 1 sdt vanili bubuk 
  • 2 butir telur
  • 50 gram mentega 

Baca juga: Resep Biji Ketapang, Camilan Goreng yang Tahan Lama

Siapa sangka susu kental manis bisa menjadi bahan tambahan untuk menghasilkan biji ketapang yang manis dan lezat.DOK. SHUTTERSTOCK Siapa sangka susu kental manis bisa menjadi bahan tambahan untuk menghasilkan biji ketapang yang manis dan lezat.

Cara membuat biji ketapang mete 

  1. Campurkan semua bahan, uleni adonan biji ketapang hingga kalis elastis. Pulung adonan sebesar pensil dan potong serong sepanjang 1 cm. 
  2. Taburi potongan kue dengan terigu, panaskan minyak goreng. Goreng adonan biji ketapang hingga kuning keemasan, angkat dan tiriskan. 
  3. Simpan dalam stoples yang tertutup rapat. 

Buku "1500 Resep Makanan Sehat Segala Usia" (2013) oleh Hindah Muaris terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com