Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2022, 10:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Petis merupakan bahan bumbu masakan yang banyak digunakan di daerah Jawa Timur, terutama di Surabaya.

Makanan khas Surabaya dengan bumbu petis, di antaranya ada tahu tek, lontong balap, dan rujak tolet. Menu masakan terasa sedap dan nikmat dengan penggunaan petis sebagai bumbunya.

Baca juga:

Biasanya, petis dicampurkan dengan cara diulek bersama bawang putih goreng dan cabai.

Mengetahui seputar petis lebih jauh, apakah petis aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Simak penjelasannya berikut ini.

Ilustrasi sambal petis.DOK.SAJIANSEDAP Ilustrasi sambal petis.

Apakah Ibu Hamil Boleh Konsumsi Petis?

Melalui wawancara dalam sambungan telepon, Dr.Laili Rahmawati,STP.,MMA. di UPT Laboratorium Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur menjelaskan seputar apakah ibu hamil boleh konsumsi petis.

“Mungkin ini lebih ke ibu hamil muda yang biasanya kepingin makan rujak. Sebetulnya kalau petisnya itu bagus dalam hal bahan yang digunakan berkualitas, kemudian petis tersebut melalui proses fermentasi yang maksimal dan tanpa pengawet atau zat sodium. Maka petis aman dikonsumsi ibu hamil.” Tuturnya kepada Kompas.com pada Jumat (11/02/2022).

Baca juga:

Menurut Laili, petis yang berkualitas aman dikonsumsi ibu hamil. Hanya saja, petis tidak dikonsumsi sendirian dalam artian diolah dengan bahan lainnya menjadi suatu masakan.

Misalnya saja, rujak tolet atau rujak dengan potongan buah segar yang disajikan bersama petis berbumbu pedas.

Proses pembuatan petis yang masih tradisional di usaha Petis Maju Tresno, Gresik.DOK. PETIS MAJU TRESNO Proses pembuatan petis yang masih tradisional di usaha Petis Maju Tresno, Gresik.

“Tapi kalau ibu hamil tersebut memang suka buah, perlu dipastikan lagi buahnya harus dicuci bersih, cobek yang digunakan juga bersih agar tidak terkontaminasi bakteri sehingga bisa membuat ibu hamil mules.” Katanya.

“Apalagi kalau rujaknya itu pedas dan bikin ibu hamil jadi mules atau diare, nah itu yang menjadi masalah. Sebenarnya petisnya itu tidak masalah, mau dibuat rujak, tahu, tek, atau tahu petis itu tidak masalah.” Ungkapnya.

Baca juga:

Walau konsumsi petis untuk ibu hamil tidak ada masalah, hanya saja Laili mengingatkan seputar hygiene sanitasi dan tingkat kepedasan dari masakan dengan petis.

“Lantas, apakah ibu hamil tidak boleh pedas. Boleh saja, hanya jangan sampai ibu hamil tersebut mules atau diare yang bisa membahayakan kandungannya.” Imbuhnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com