Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Buat Soto Ayam agar Tidak Langu dan Berminyak

Kompas.com - 11/02/2022, 11:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Soto ayam merupakan hidangan berkuah yang lezat dan hangat yang mudah dimasak di rumah. Ada banyak resep soto ayam yang bisa kamu coba.

Salah satunya, resep soto ayam lamongan. Kalau kamu pernah menemui masalah pada hasil dari soto ayam buatanmu.

Baca juga:

Entah itu karena soto ayam menjadi langu atau mengeluarkan banyak minyak. Ikuti cara membuat soto ayam agar tidak langu berikut ini.

Cara bikin soto ayam ini mudah diikuti dan dipraktikkan agar hasil dari kuah soto tidak terasa seperti bumbu mentah atau langu.

Baca juga:

Dilansir dari majalah Saji ED 327 2015 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, simak penjelasan seputar cara buat soto ayam yang enak.

1. Rebus ayam di dalam air dingin

Dalam majalah tersebut menyarankan untuk merebus ayam di dalam air dingin, bukan air mendidih. Hal ini agar kotoran yang terkandung di dalam daging ayam bisa keluar melalui pori-pori.

Ilustrasi soto ayam lamongan.DOK.SHUTTERSTOCK/EKSAPEDIA GALLERY Ilustrasi soto ayam lamongan.

2. Blender bumbu halus soto ayam

Selanjutnya, cara membuat soto ayam agar tidak langu adalah dengan menghaluskan bumbu soto ayam sampai halus betul. Kamu bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya.

Setelah itu, tambahkan dengan minyak pada bumbu soto ayam agar bisa halus. Hindari menambahkan air karena bumbu soto harus ditumis.

Baca juga:

3. Tumis bumbu soto ayam

Cara bikin soto ayam agar tidak berminyak adalah dengan menumis bumbu tanpa menambahkan minyak lagi. Pasalnya, minyak sudah ditambahkan saat menghaluskan bumbu soto ayam dengan blender.

Kalau kamu tetap ingin menambahkan minyak, gunakan sebanyak satu sendok makan saja. Panaskan minyak sebelum menumis bumbu. Aduk bumbu soto ayam hingga aromanya keluar.

Ilustrasi soto ayam, masakan yang mudah dibuat. Cocok untuk makan siang. SHUTTERSTOCK/ARIS SETYA Ilustrasi soto ayam, masakan yang mudah dibuat. Cocok untuk makan siang.

4. Cara membuat soto ayam agar tidak langu

Tentu saja, soto yang masih berbau bumbu mentah atau langu terasa mengganggu saat dinikmati.

Oleh karena itu, kamu bisa menghilangkannya dengan cara mengambil satu sendok sayur rebusan ayam. Tuang ke dalam tumisan. Biarkan beberapa lama.

Baca juga:

Setelah itu, tuang kembali satu sendok sayur dan lakukan sekali lagi. Tuang tumisan ke dalam bumbu.

Lanjutkan dengan merebus di atas api sampai daging ayam empuk.

Majalah Saji ED 327 2015 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com