Kompas.com - 19/05/2021, 09:11 WIB
Ilustrasi soto lamongan. Dok. Sajian SedapIlustrasi soto lamongan.

KOMPAS.com - Ada banyak variasi soto dari berbagai daerah yang bisa kamu coba masak sendiri di rumah. Salah satunya, soto ayam lamongan.

Soto lamongan merupakan soto kuah bening yang disajikan dengan suwiran daging ayam, irisan kol, bihun, dan taburan koya yang gurih.

Buat kamu yang ingin membuat soto ayam kuah bening, ketahui cara membuat soto ayam lamongan yang sedap dan harum dilansir dari buku “Kursus Wirausaha Menjadi JURAGAN SOTO” (2013) oleh Yuyun Alamsyah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga: Resep Soto Ayam Lenthok Yogyakarta ala Chef Vindex Tengker

1. Gunakan campuran ikan bandeng atau udang

ilustrasi udangPIXABAY/STUX ilustrasi udang

Ada cara meracik bumbu kuah soto lamongan yang lezat dan rasanya mantap yaitu dengan menggunakan campuran ikan bandeng atau udang.

Campurkan bahan tersebut ke dalam kuah ayam kental kemudian masak dengan bumbu lainnya untuk mendapatkan cita rasa yang enak.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Resep Soto Ayam Bening Segar, Pakai Sisa Daging Opor Lebaran

2. Gunakan kemiri

Ilustrasi biji kemiri. PIXABAY/ BARBARA808 Ilustrasi biji kemiri.

Cara membuat soto ayam lamongan kuah bening yang selanjutnya adalah penggunaan kemiri pada kuah sotonya.

Kuah soto lamongan yang agak kental dengan campuran kemiri, pastikan untuk selalu menjaga mutu kuah soto agar berubah tekstur.

Selain itu, dilansir dari artikel Kompas.com yang tayang pada Kamis (08/06/2017), pemilik Resto Soto Lamongan, Vonny menjelaskan kalau warna kuning pada kuah soto lamongan dihasilkan dari rempah kunyit.

Soto lamongan tidak menggunakan santan atau susu yang mana kuahnya menggunakan kunyit sebagai tambahan aroma dan warna pada kuah.

Baca juga: Ini Perbedaan Soto Lamongan dengan Soto Lainnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X