Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Makan Oyster Mentah agar Tidak Amis, Beri Perasan Jeruk Nipis

Kompas.com - 14/02/2022, 21:01 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menikmati oyster, salah satu yang paling terkenal yaitu memakannya dalam kondisi mentah.

Executive Chef Aston Banyuwangi Gelar mengatakan rasa orisinal dari oyster memberikan imajinasi kepada seseorang tentang suasana di tepi pantai.

"Oyster itu rasanya segar dan dagingnya pun lembut seperti daging kelapa muda. Jadi ketika seseorang menikmati oyster mentah, imajinasinya mereka sedang berada di tepi pantai dengan suasana panas terik, dan ditemani segarnya kelapa muda," kata Gelar.

Menurut Gelar, sebaiknya tambahkan sedikit zat asam di atas oyster sebelum dimakan supaya rasanya lebih nikmat. Salah satunya kamu bisa menggunakan perasan jeruk nipis.

Baca juga:

Ilustrasi tiram. Mikroplastik yang terkandung dalam tiram, bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi oleh manusia.SHUTTERSTOCK/Suporn Thawornnithi Ilustrasi tiram. Mikroplastik yang terkandung dalam tiram, bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi oleh manusia.

"Sebenarnya oyster itu bukan amis, orang-orang merasa geli karena tekstur daging oyster yang lunak seperti kelapa muda. Jadi bagi orang yang pertama kali mencoba oyster, mereka akan merasa itu amis," ucap Gelar.

Zat asam yang ditambahkan di atas oyster berfungsi mendistraksi rasa alaminya dan merangsang indera pengecap supaya oyser mudah ditelan.

Selain perasan jeruk nipis, oyster juga dapat dinikmati dengan tambahan saus bercita rasa pedas. Namun, tidak semua saus pedas bisa dijadikan teman makan oyster.

Menurut Gelar, saus yang digunakan harus mengandung zat asam supaya rasa saus dan oyster tidak bertolak belakang.

"Bisa juga pakai saus pedas, tapi sausnya harus mengandung zat sitrus supaya rasanya tidak bentrok. Kalau rasanya tidak sejalan, orang-orang bisa muntah," pungkas Gelar.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com