Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2022, 13:07 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada dua cara penyajian abalone yang umum diketahui, yakni dihidangkan dengan saus cocolan atau disiram saus.

Abalone identik dengan olahan chinese food, namun demikian sausnya tetap bisa dikreasikan dengan berbagai bumbu.

Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu mengatakan saus yang digunakan untuk olahan abalone bisa disesuaikan dengan jenis makanan apa yang hendak dibuat. 

"Abalone itu sebuah produk yang mengandung protein, dan umumnya dikenal sebagai makanan Chinese. Tetapi cara pengolahan dan proses membuat sausnya dikembalikan ke daerah masing-masing," kata Stefu saat dihubungi oleh Kompas.com pada Kamis (3/2/2022).

Menurut Stefu, abalone bisa dicampur dengan berbagai makanan, termasuk makanan khas Indonesia yang didominasi dengan rempah dan cita rasa pedas. 

"Bisa saja dicampur dengan makanan Indonesia, bisa pakai saus cocol yang rasanya pedas, seperti saus asam pedas. Ini dikembalikan ke budaya masing-masing negara," katanya.

Baca juga:

Ilustrasi abalone yang dihidangkan mentah bersama kecap di Jeju. SHUTTERSTOCK/MARON_STUDIO Ilustrasi abalone yang dihidangkan mentah bersama kecap di Jeju.

Sejalan dengan Stefu, Excecutive Chef Aston Banyuwangi Gelar mengatakan bumbu yang digunakan untuk membuat saus abalone tidak harus berpatokan ke satu hidangan saja.

Bahan yang digunakan disesuaikan dengan jenis makanan yang hendak dimasak supaya rasa saus dan hidangan abalone menyatu di lidah.

Menurut Gelar, saus yang digunakan untuk hidangan abalone sebaiknya diambil dari kuah kaldu yang digunakan untuk mengukus abalone. 

"Kita pakai dari kuah kaldu yang digunakan untuk melembutkan abalone, supaya rasanya sejalan," kata Gelar saat dihubungi oleh Kompas.com melalui sambungan telepon pada Minggu (6/2/2022). 

Khusus untuk hidangan saus siram abalone, bahan-bahan yang harus digunakan di antaranya yaitu jahe, daun bawang, kecap asin, kecap ikan, gula batu, ketumbar, bawang putih, dan rempah-rempah khas China. 

Setelah abalone selesai dikukus, kuah kaldu yang digunakan kemudian ditambahkan tepung maizena supaya teksturnya kental. Saus siram ini biasanya digunakan untuk olahan abalone yang basah.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com