Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Mochi Bisa Jadi Oleh-oleh Khas Sukabumi?

Kompas.com - 24/01/2022, 20:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Kota Sukabumi memiliki beberapa oleh-oleh yang populer. Salah satunya adalah mochi. 

Mochi sendiri sebetulnya adalah jenis wagashi Jepang. Namun pada masa penjajahan, tentara Jepang turut meminta bantuan warga pribumi untuk membuatnya ketika acara. 

Beberapa warga pribumi pun lantas coba membuatnya sendiri untuk kudapan di rumah. Dari sinilah mochi semakin dikenal dan berkembang di Sukabumi. 

"Awalnya mungkin bala tentara Jepang membuat semacam camilan, mochi buat hidangan acara. Nah setelah itu barulah warga pribumi di Sukabumi diperbantukan untuk membuat kue mochi itu. Dari situ barulah warga pribumi melanjutkan pembuatan mochi ini buat camilan-camilan," jelas Rudi, selaku Direktur Operasional dari Mochi Lampion. 

Baca juga:

Lantas, mengapa mochi bisa menjadi oleh-oleh khas Sukabumi? Berikut penjelasan ringkasnya.

Ilustrasi depan toko Mochi Lampion di Sukabumi. INSTAGRAM/ Mochi Lampion Sukabumi Asli Ilustrasi depan toko Mochi Lampion di Sukabumi.

Kenapa mochi jadi oleh-oleh khas Sukabumi?

Rudi mengatakan di sekitar Sukabumi memiliki banyak objek wisata yang populer.  Saat melancong ke tempat tersebut, biasanya wisatawan akan mencari oleh-oleh terlebih dulu.

Lalu, beberapa warga akan menyarankan untuk datang ke pusat oleh-oleh. Salah satu yang turut disebut yaitu Kampung Kaswari. 

"Karena di Kota Sukabumi ini kan punya beberapa objek wisata. Ada Pelabuhan Ratu terus ada Situ Gunung sekarang ini. Kalau melancong ke objek wisata itu mereka akan mampir dulu ke Kota Sukabumi. Mereka aduh ini apa ya oleh-oleh dari Sukabumi," kata Rudi. 

"Lalu banyak warga yang mengarahkan ke pusat oleh-oleh Sukabumi, termasuk di Kampung Kasawari ini," tambahnya.

 Baca juga:

Kaswari sendiri adalah area perkampungan yang dikenal sebagai pusat produksi mochi. Di kawasan ini ada beberapa pabrik mochi baik skala besar maupun kecil. 

"Jadi perkampungan Kaswari ini punya beberapa pabrik mochi. Banyak banget, dari mulai yang kecil sampai besar. Jadi sepanjang masuk ke gang itu, kanan kirinya warga berjualan mochi," ujar Rudi. 

Melihat banyaknya produsen mochi di kawasan ini, wisatawan pun tertarik untuk datang. Lambat-laun, mochi dari Kampung Kaswari semakin dikenal dan kerap dijadikan untuk oleh-oleh.

Baca juga: 9 Cara Membuat Mochi agar Lembut dan Kenyal, Panduan untuk Pemula

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com