Kompas.com - 24/01/2022, 19:11 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Mochi adalah kue dari tepung ketan yang populer di Sukabumi dan Semarang. Kedua kawasan tersebut mengenalkan mochi sebagai oleh-oleh. 

Ada satu produsen mochi di Sukabumi yang cukup legendaris. Namanya yaitu Mochi Lampion atau juga dikenal dengan Mochi Kaswari Lampion. 

Produk dari Mochi Lampion dapat ditemukan di sekitar Kota Sukabumi maupun area wisata puncak. 

Baca juga:

Direktur operasional Mochi Lampion, Rudi Witarasa kepada Kompas.com turut menceritakan bagaimana sejarah dan perkembangan usahanya. Berikut uraiannya. 

Ilustrasi depan toko Mochi Lampion di Sukabumi. INSTAGRAM/ Mochi Lampion Sukabumi Asli Ilustrasi depan toko Mochi Lampion di Sukabumi.

Sejarah Mochi Lampion

Mochi Lampion berdiri sejak 1983. Saat ini Mochi Lampion telah dilanjutkan oleh generasi keduanya. 

"Mochi Lampion ini berdiri tahun 1983, kemudian berkembang dan membuat bangunan baru lagi di tahun 2014," tutur Rudi, Jumat (21/01/2022). 

"Pertama pendirinya adalah orang tua kami, sekarang sudah diteruskan generasi keduanya," tambahnya. 

Menurut penuturan Rudi usaha ini bermula dari orang tuanya yang sempat ikut membuat mochi bersama tentara Jepang. 

Baca juga:

Lebih jauh, Rudi menceritakan bahwa dahulu di dekat Kampung Kaswari terdapat markas tentara Jepang yang kini dikenal dengan nama SECAPA atau Sekolah Calon Perwira.

Saat itu tentara Jepang membuat mochi untuk camilan saat acara. Kemudian, beberapa orang pribumi di sekitarnya diperbantukan untuk turut membuatnya. Termasuk juga orang tua Rudi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.