Kompas.com - 24/01/2022, 15:08 WIB

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Archipelago International mengadakan kompetisi memasak antar executive chef atau kepala koki dari 18 hotel di bawah naungan Achipelago International.

Bertajuk Archipelago Food Festival Super Chef Battle 2, kompetisi memasak ini diselenggarakan di Alana Hotel and Convention Solo pada Sabtu (22/1/2022).

Black box atau bahan makanan rahasia merupakan konsep kompetisi memasak ini. Bahan makanan yang dimaksud adalah daging sapi.

“Mereka (peserta) diwajibkan memasak bahan yang tidak diketahui sebelumnya dan memikirkan menu yang akan disajikan hanya dalam waktu 3 menit,” terang Corporate Executive Chef Archipelago Denny Frederick sesuai rilis yang diterima Kompas.com pada Jumat (21/1/2022).

Para kepala koki ditantang mengolah daging sapi dipadukan dengan singkong jalak towo dan ubi ungu. Kedua umbi tersebut merupakan bahan pangan lokal khas Kabupaten Karanganyar.

Kepala koki harus mengangkat ketiga komponen tersebut menjadi satu kesatuan masakan tradisional Indonesia dan dikemas dengan menarik.

Executive chef dari Yogyakarta menangkan kompetisi

Proses membuat mi ubi ungu oleh Chef Firmansyah dari NEO Maliboro Yogyakarta, Sabtu (22/1/2022). KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Proses membuat mi ubi ungu oleh Chef Firmansyah dari NEO Maliboro Yogyakarta, Sabtu (22/1/2022).

Cluster Executive Chef NEO dan Royal Malioboro Yogyakarta Firmansyah menjadi juara pertama Archipelago Food Festival 2022.

Firmansyah mengolah singkong jalak towo menjadi isian daging gulung, kemudian disajikan bersama mi ubi ungu.

Sajian dari Firmansyah dinilai menonjolkan masakan Indonesia khususnya Kabupaten Karanganyar.

Hal tersebut disampaikan oleh Denny ketika pengumuman pemenang saat gala dinner di Alana Hotel and Convention Center, Sabtu (22/1/2022).

Kompas.com menemui Firmansyah yang kala itu sedang membuat mi ubi ungu dan mengolah singkong jalak towo.

Firmansyah mengukus singkong jalak towo sekitar 15 menit sampai cukup empuk. Kemudian daging rib eye digulung sampai cukup pipih. Singkong pun dimasukkan ke dalam daging lalu digoreng dengan minyak sedikit (pan fry).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.