Kompas.com - 18/01/2022, 19:08 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Puding merupakan makanan penutup bercita rasa manis dengan tekstur lembut.

Kunci membuat puding yang enak dan anti gagal yakni dengan memperhatikan bahan-bahannya. 

Bahan untuk membuat puding cukup beragam. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui aneka bahan untuk membuat puding agar tak keliru memakainya. 

Baca juga:

Melansir dari "Puding Tempo Doeloe Dan Masa Kini" oleh Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut 15 macam bahan puding yang umum digunakan. 

1. Susu cair

Susu cair merupakan bahan utama untuk membuat puding. Dalam pembuatannya, biasanya dipakai susu segar, susu UHT, hingga susu pasteurisasi. 

Susu tersebut biasanya dipanaskan dengan bahan lainnya dan diberi gelatin atau agar-agar supaya kenyal dan mengeras.  

Susu sapi segar bisa digunakan membantu program diet.FREEPIK/AZERBAIJAN_STOCKERS Susu sapi segar bisa digunakan membantu program diet.

2. Krim kental atau heavy cream

Heavy cream adalah susu dengan kandungan lemak sekitar 30 persen. Berkat kandungan lemaknya yang cukup tinggi heavy cream mudah mengental jika dipanaskan. 

Oleh karena itu, wajar jika beberapa orang kerap memakainya untuk membuat puding. 

Baca juga:

3. Susu kental manis 

Susu kental manis dapat digunakan sebagai pemanis puding. Jika kamu ingin membuat puding susu agaknya perlu ditambahkan dengan susu kental manis ini agar rasanya lebih creamy.

4. Gelatin 

Ilustrasi lembaran gelatin direndam dalam air dingin. SHUTTERSTOCK/KONDOR83 Ilustrasi lembaran gelatin direndam dalam air dingin.

Gelatin adalah protein yang diperoleh dari hidrolisis kolagen yang ada pada tulang atau kulit hewan. Fungsi gelatin mirip seperti agar-agar. 

Namun puding yang dikentalkan dengan gelatin biasanya lebih lembut. Bentuk gelatin berupa lembaran yang harus direndam dulu sebelum dipakai. 

Baca juga:

5. Dark cooking chocolate

Dark cooking chocolate biasa dipakai untuk membuat puding cokelat maupun kue. Cokelat masak ini terbuat dari cocoa liquor dan cocoa butter 15 persen.

Jika dibandingkan cokelat yang dijual sebagai camilan, rasanya lebih pahit. Untuk menggunakannya kamu harus melelehkannya terlebih dulu lalu campur dengan bahan lain.

Baca juga: 6 Cara Bikin Puding Cokelat Rumahan yang Enak dan Layak Jual

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.