Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Buat Tahu Walik Frozen agar Tahan Lama, Bisa untuk Stok

Kompas.com - 14/12/2021, 09:09 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Tahu walik beku bisa menjadi stok frozen food di rumah. Jadi, jika sewaktu-waktu ingin menyantapnya kamu cukup menggorengnya. 

Cara membuat tahu walik frozen pada dasarnya seperti tahu walik siap saja. Namun ada beberapa hal khusus yang perlu diperhatikan supaya tahu walik frozen tahan lama. 

Baca juga:

Pemilik usaha Tahu Walik Ikna, Shanti, membagikan cara membuat tahu walik frozen agar tahan lama. Berikut penuturan ringkasnya. 

Ilustrasi tahu walik dalam besek yang disajikan dengan sambal kecap. SHUTTERSTOCK/ Gina Pamungkas Ilustrasi tahu walik dalam besek yang disajikan dengan sambal kecap.

Cara membuat tahu walik 

Sebagai gambaran, Shanti menjelaskan dulu cara membuat tahu walik miliknya. Untuk membuatnya, Shanti mengangin-anginkan tahu yang masih panas, lalu mengguntingnya. 

Kemudian, tahu tersebut dibumbui lalu diisi dengan adonan isi dan digoreng.

Menurut Shanti penting untuk mengangin-anginkan tahu yang masih panas karena dapat menjaga ketahanannya. Jika tidak diangin-anginkan, tahu akan mudah berjamur. 

"Tahunya itu kan masih panas nek datang, tak angin-angin nek masih panas. Soalnya enggak boleh ngeringet to, nek ngeringet njamur," tutur Shanti, Selasa (07/12/2021). 

Baca juga:

Membekukan tahu walik 

Sebetulnya tahu walik yang sudah jadi dapat langsung dibekukan di dalam freezer. Namun cara ini kurang efektif jika tahu walik tersebut ingin disimpan lama. 

Setelah melakukan beberapa kali uji coba, Shanti menemukan cara sederhana untuk membuat tahu walik frozen lebih awet.

Caranya, yakni dengan menggorengnya setengah matang terlebih dulu.  

"Berhubung rodo adoh-adoh yang beli, sekarang tak cari pilihan, jadi frozen tak buat setengah matang. Ternyata saya uji coba lebih awet," jelasnya. 

Ilustrasi proses menggoreng tahu walik. SHUTTERSTOCK/ Wikan Yogi Ilustrasi proses menggoreng tahu walik.

Tahu walik yang telah digoreng setengah matang lalu disimpan di kulkas kemudian dipindahkan ke freezer. Proses pembekuan biasa dilakukan selama satu sampai dua hari. 

Baca juga:

Selain memperpanjang masa simpannya, tahu walik frozen yang digoreng setengah matang juga lebih aman dibawa ke luar kota. 

Jika biasanya tahu walik frozen hanya bertahan 14 jam di perjalanan. Namun setelah digoreng setengah matang, ketahanan perjalanannya bisa mencapai 24 jam. 

Untuk ketahanan tahu walik frozen sendiri antara satu bulan sampai dua bulan. Kendati demikian Shanti menyarankan untuk tak mengonsumsinya lebih dari satu bulan. 

"Saya pernah uji coba itu dua bulan, tapi nek uji coba sendiri kan freezer-nya sini dua pintu, jadi lak aman berbulan-bulan. Tapi saya merekomendasikan, nek iso jangan terlalu lebih dari satu bulan," ungkapnya.

Baca juga: Resep Tahu Aci, Bikin Pakai Tahu Bulat agar Lebih Praktis

Beberapa orang kerap membuat tahu walik frozen dengan mengukusnya terlebih dulu. Menurut Shanti sebetulnya cara tersebut pun bisa dilakukan.

Namun kembang tahunya menjadi rontok dan kurang renyah. 

"Kalau dikukus nanti kembang tahunya banyak mretel, nek tahu walik lo ya. Padahal kembang tahu itu lak yang membuat crunchy to," tutup Shanti.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com