Kompas.com - 04/12/2021, 09:03 WIB
ilustrasi minyak kulit ayam untuk menggoreng. DOK. Sho Spaeth via Serious Eatsilustrasi minyak kulit ayam untuk menggoreng.

KOMPAS.com - Jangan buang kulit ayam yang tidak terpakai. Kamu bisa mengolahnya menjadi minyak kulit ayam.

Minyak kulit ayam bisa digunakan untuk menggoreng aneka bahan makanan. Aroma ayam membuat hasil masakan menjadi lebih enak.

Selain menggoreng kulit ayam untuk mendapatkan minyaknya, bagian lemak tersebut juga dapat dimasukkan ke dalam microwave hingga mengeluarkan minyak.

Melansir Serious Eatssebuah studi pada 2002 oleh K. S. Sheu dan T. C. Chen menemukan bahwa minyak kulit ayam yang dibuat di microwave menghasilkan minyak berwarna paling terang dibandingkan dengan menggorengnya.

Selengkapnya, ikuti resep minyak kulit ayam berikut ini.

Baca juga:

Resep minyak kulit ayam

Bahan:

  • 25-125 gr kulit ayam, potong 2,5 cm

Cara membuat minyak kulit ayam:

1. Tempatkan kulit ayam di wadah tahan panas, seperti mangkuk, tata secara merata dan tidak bertumpuk. Masukkan oven dengan suhu rendah selama 25 menit. Balikkan kulit ayam setelah setengah matang.

2. Keluarkan kulit ayam dari dalam microwave menggunakan sarung tangan oven. Tuang minyak yang ada di sekitar wadah, diamkan hingga dingin di suhu ruang, lalu tutup dan simpan di kulkas.

Baca juga:

Tips membuat minyak kulit ayam

Kualitas minyak kulit ayam bisa menjadi lebih baik tergantung cara membuatnya. Salah satunya adalah teknik memotong kulit ayam yang digunakan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.