Kompas.com - 28/11/2021, 19:38 WIB
Gohu ikan di Festival Teluk Jailolo 2014. Gohu ikan dibuat dari ikan tuna mentah. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAGohu ikan di Festival Teluk Jailolo 2014. Gohu ikan dibuat dari ikan tuna mentah.

KOMPAS.com - Tidore merupakan kota berupa pulau yang terletak di Maluku Utara. Kota ini mempunyai beragam kuliner khas mulai dari pupeda sampai kopi dabe.

Tidore mempunyai festival populer yaitu Festival Kampung Nelayan Tomalou. Beragam hidangan ikan disajikan pada acara ini.

Praktisi kuliner Tidore Umi Salam Mahua menyampaikan bahwa masakan dari ikan disajikan di atas sepe atau wadah yang terbuat dari tanah liat. Sepe dibuat oleh ibu-ibu dari Pulau Mare yang lokasinya di depan Pulau Tidore.

Selain sajian ikan, berikut kuliner khas Tidore yang disampaikan oleh Umi dalam acara "Moloku Kie Raha" oleh Aksara Pangan, Minggu (28/11/2021).

Baca juga:

1. Pupeda

ilustrasi papeda, makanan khas Papua yang dibuat dari sagu. SHUTTERSTOCK/DH Saragih ilustrasi papeda, makanan khas Papua yang dibuat dari sagu.

Pupeda merupakan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat bagi masyarakat Tidore. Pupeda terbuat dari perasan pohon sagu yang disaring kemudian dimasak sampai kental.

"Ini pupeda adalah makanan khas kami di Tidore. Mungkin pupeda juga makanan khas untuk kami di wilayah Indonesia timur," ungkap Umi.

Tekstur pupeda kental dan padat dengan rasa tawar sehingga biasanya disajikan bersama sayuran berkuah atau lauk pauk lain.

"Pupeda ini biasanya kita sajikan dengan kuah kuning bisa ikan cakalang maupun ikan tuna dan bisa menggunakan kuah soru," lanjut Umi.

Baca juga:

2. Ikan kuah soru

Bahan ikan kuah soru adalah ikan tore disebut juga julung atau ikan roa, cabai merah besar, dan tomat.

Ikan tore diasap terlebih dahulu di atas bambu sebelum diolah menjadi ikan kuah soru. Alat masak ikan menggunakan tungku. Proses mengasap ikan membutuhkan waktu yang lama.

Menurut Umi, semua bahan dan bumbu ikan kuah soru dibakar terlebih dahulu.

3. Kusi gohu

Kusi gohu terbuat dari jantung pisang mentah dicampur bawang merah, cabai, kenari halus, dan campuran ikan tore.

"Kenapa disebut gohu, gohu dalam bahasa Tidore itu berarti dimakan mentah. Jadi kalau kusi ini jantung pisang yang diolah mentah, bumbunya juga mentah," ujar Umi.

Cara mengolah jantung pisang agar warnanya tidak hitam adalah masukkan ke dalam wadah berisi air campur perasan air jeruk.

Kusi gohu merupakan makanan khas Tidore, khususnya di Tomalou. Kusi gohu biasanya disantap bersama sagu kasbi atau pisang rebus.

4. Gohu ikan

Gohu ikan terbuat dari ikan segar dan mentah yang barusan dipancing oleh nelayan. Masyarakat Tidore langsung memotong dan mengolah ikan tersebut.

Bumbu ikan gohu pun mentah seperti bawang, cabai, dan daun kemangi. Kemudian diberi garam dan perasan air lemon.

"Kalau setiap acara ada gohu, tamu-tamu (biasanya) tidak makan yang lain. Mereka ambil gohu dulu karena rasanya segar," kata Umi.

Makanan pendamping gohu ikan di antaranya adalah sagu lempeng, pisang santan, dan singkong.

Terdapat kebiasaan menarik terkait gohu ikan yaitu gohu on boat, begitu Umi menyebut. Gohu ikan diolah oleh nelayan yang berlayar selama beberapa hari.

Mereka mengolah ikan yang baru mereka tangkap dengan bumbu seadanya di perahu. Kemudian gohu ikan disantap bersama sagu.

Umi menyebutkan bahwa sagu tahan disimpan sampai bertahun-tahun, maka sering dijadikan bekal oleh nelayan.

Baca juga: Resep Gohu Ikan Cakalang, Sashimi Khas Maluku

5. Sagu lempeng

ilustrasi sagu lempeng, makanan khas Papua yang dibuat dari sagu. WIKIMEDIA/RIK SCHUILING ilustrasi sagu lempeng, makanan khas Papua yang dibuat dari sagu.

Terdapat dua jenis sagu lempeng atau sagu kasbi (hula keta) yaitu hula daso dan hula garo.

Hula garo terbuat dari tepung sagu, sedangkan gula daso dari tepung singkong. Cara masak keduanya sama-sama dipanggang sampai matang.

Umi menceritakan bahwa orang di Tidore zaman dahulu membuat tepung singkong menggunakan papan saja.

Singkong parut ditindih dengan papan, kemudian atasnya diberi batu agar kandungan air singkong keluar. Cara ini membuat singkong menjadi kering.

Setelah kering, singkong pun ditumbuk sampai halus dan diayak. Tepung singkong pun dicetak agar menjadi sagu lempeng.

Menurut penuturan Umi, orang Spanyol yang dahulu datang ke Tidore mencari roti tetapi tidak ada. Mereka pun meminta makanan yang mirip roti.

Masyarakat Tidore zaman itu pun menyajikan sagu lempeng yang disantap bersama garam pati atau abon ikan.

Baca juga: 4 Manfaat Sagu untuk Kesehatan, Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

6. Tela gule

Ada dua jenis makanan pokok yang terbuat dari jagung di Tidore yaitu tela gule dan nasi jagung.

Tela gule terbuat dari jagung kering yang dihaluskan, kemudian dimasak seperti membuat bubur.

Sementara nasi jagung, cara memasaknya seperti nasi dan ditambah santan agar rasanya lebih gurih. Nasi jagung biasanya disantap bersama ikan tumbuk.

Baca juga: Resep Nasi Jagung Rice Cooker, Olahan Jagung Sisa BBQ Tahun Baru

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.