Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mudah Mematangkan Alpukat, Tanpa Alat Khusus

Kompas.com - 28/11/2021, 11:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Baru saja membeli alpukat tapi waktu dibuka ternyata belum matang? Tenang ada cara mudah mematangkan alpukat tanpa alat khusus di rumah.

Melansir dari laman The Spruce Eats, ada trik mematangkan alpukat yang bisa kamu ikuti dengan mudah di rumah.

Baca juga:

1. Bungkus alpukat dengan kertas

Jika ingin mengonsumsi alpukat untuk diet, pastikan kita tetap mengonsumsinya dalam jumlah moderat karena kalori buah ini cukup tinggi.PEXELS/FRANKLIN ANDRES HERNANDEZ Jika ingin mengonsumsi alpukat untuk diet, pastikan kita tetap mengonsumsinya dalam jumlah moderat karena kalori buah ini cukup tinggi.

Masukkan alpukat mentah dan bungkus dalam kantong kertas. Kalau kamu tidak memiliki kantong kertas, gunakan koran untuk membungkusnya.

Simpan dalam lemari dapur di suhu ruang. Membungkus alpukat mentah dengan kertas bisa mempercepat proses mematangkan alpukan yang alami.

2. Tambahkan dengan buah

Salah satu cara memilih alpukat yang bagus adalah melalui warnanya. Alpukat yang sudah matang dan siap dimakan memiliki warna kulit hijau gelap, terkadang hampir berwarna hitam.UNSPLASH/HITOSHI NAMURA Salah satu cara memilih alpukat yang bagus adalah melalui warnanya. Alpukat yang sudah matang dan siap dimakan memiliki warna kulit hijau gelap, terkadang hampir berwarna hitam.

Kalau kamu ingin mempersingkat waktu mematangkan alpukan yang lebih cepat. Tambahkan dengan apel, pisang, atau tomat di dalam bungkusnya.

Buah matang tersebut memiliki kandungan hormon tumbuhan alami yang memicu pematangan buah lainnya.

Penggunaan kantong kertas bisa menjaga gas etilen yang dihaliskan buah tersebut tetap berada di dalamnya. Hal ini bisa membuat alpukat cepat matang.

Menambahkan dari laman Real Simple, simpan kantong berisikan alpukat mentah dalam suhu ruang yang hangat hingga kulit berubah menjadi hijau gelap.

Baca juga:

3. Cara mematangkan alpukat dengan beras

Salah satu cara memilih alpukat yang bagus adalah mengenali jika ada perubahan warna area tertentu buah alpukat.PEXELS/DANIEL DAN Salah satu cara memilih alpukat yang bagus adalah mengenali jika ada perubahan warna area tertentu buah alpukat.

Masih dalam laman Real Simple, kamu juga bisa menyimpan alpukat mentah dan masukkan beras ke dalam kantong.

Simpan kantong di suhu ruang hingga warna kulitnya berubah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com