Kompas.com - 24/02/2021, 20:32 WIB
Ilustrasi papeda. Dok. Shutterstock/yohanes_setiyantoIlustrasi papeda.

KOMPAS.com - Papeda adalah salah satu makanan khas Papua yang paling ikonik dan terkenal. Makanan ini biasa menjadi makanan pokok, sebagai sumber karbohidrat.

Baca juga: Resep Bubur Sagu Ambon Kuah Santan dan Sirup Gula Merah

Papeda adalah makanan yang memiliki tekstur kental, padat tapi rasanya tawar," jelas pemiliki UMKM makanan khas Papua Martince Ap kepada Kompas.com, Selasa (23/2/2021). 

Martince menjelaskan papeda terbuat dari sagu yang ada di dalam pohon sagu, kemudian diperas, disaring, kemudian dimasak.

Proses masak papeda

Martince Ap menjual makanan khas Papua termasuk papeda dan penyewaan pakaian adat Papua di Jakarta dengan merek Mambri Collection.

Selain dari sagu asli, wanita yang akrab disapa Tien ini menjelaskan jika papeda bisa dibuat dengan tepung sagu.

Teknik masak papeda sederhana. Kamu bisa membuatnya dengan air panas atau air dingin. Bahan yang kamu perlukan untuk membuat sajian ini juga mudah ditemukan.

Baca juga: Resep Ikan Kuah Bumbu Kuning, Sajian Khas Natal di Maluku

Seperti sagu atau tepung sagu, air, jeruk, dan garam. Cara pertama membuatnya adalah dengan merebus air sampai mendidih.

Sementara siapkan sagu di baskom atau piring mangkok, beri perasan jeruk, garam, dan air dingin secukupnya. Aduk sagu dan semua bahan tersebut lalu saring.

Jika air sudah mendidih siram ke sagu yang sudah disiapkan sambil diaduk sampai masak. Tetap diaduk supaya matang merata.

Lauk pendamping papeda

Ikan kuah kuning yang selalu jadi primadona kuliner khas Papua, biasanya dimakan dengan papedaSYIFA NURI KHAIRUNNISA Ikan kuah kuning yang selalu jadi primadona kuliner khas Papua, biasanya dimakan dengan papeda

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X