Resep Sagu Pipih. Camilan Praktis dengan Bahan Sagu

Kompas.com - 21/02/2021, 15:17 WIB
Camilan khas Palu, Sulawesi Tengah, Tabaro Dange. Kompas.com/Silvita AgmasariCamilan khas Palu, Sulawesi Tengah, Tabaro Dange.

KOMPAS.com - Kamu hobi nyamil, bisa coba membuat camilan dari olahan tepung sagu, yaitu sagu pipih. Hanya perlu tiga bahan utama untuk membuat camilan ini. Sajian ini juga bisa menjadi makanan pendamping seperti ikan kuah kuning.

Baca juga: Resep Sagu Keju Tanpa Santan, Camilan Renyah Teman Ngeteh

Bahan yang digunakan untuk membuat sajian sagu pipih adalah tepung sagu, air dan daun pisang. Cara membuatnya pun mudah dan tidak ribet.

Resep ini dipaparkan oleh Chef Ragil Imam Wibowo di acara webinar Festival Pangan Bijak Nusantara, dalam sesi Demo Masak Pangan Bijak Sulawesi Tenggara Rabu 10 Februari 2021. Berikut resepnya:

Resep sagu pipih

Bahan:

  • Tepung sagu 100 gram
  • Air 300 gram
  • Daun pisang sesuai dengan bentuk pan yang dipakai 5 lembar

Cara membuat sagu pipih:

1. Rendam tepung sagu dengan air. Diamkan selama satu jam biarkan mengendap. Buang air bagian atasnya hingga tinggal sagu yang mengendap.

Baca juga: Resep Bubur Sagu Ambon Kuah Santan dan Sirup Gula Merah

2. Panaskan teflon dengan api sedang. Tempatkan daun pisang di atas pan. Tempatkan endapan sagu yang telah di rendam diatas daun.

3. Pipihkan sagunya hingga merata. Tutup lagi dengan lembaran daun. Biarkan sagu hingga menjadi transparan. Balik sebentar.

4. Angkat. Kupas daun pisangnya. Sagu siap dimakan dengan kuah kuning.

Baca juga: Strategi Angkat Sagu Jadi Pangan Alternaif, Kurangi Ketergantungan akan Beras



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X