Kompas.com - 15/11/2021, 09:11 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Ada banyak toko oleh-oleh legendaris yang ada di Yogyakarta. Salah satu yang terkenal yaitu Yangko Pak Prapto.

Toko oleh-oleh ini sudah berjalan empat generasi. Konon, generasi pertama Yangko Pak Prapto, Muhammad Alif, ialah pembuat yangko pertama di Kotagede Yogyakarta.

Walau sudah berjalan puluhan tahun, tapi kualitas yangko di toko ini tetap sama dengan awal pembuatannya.

Baca juga:

Kepada Kompas.com, Gatot Bondan Renaldi, pemilik Yangko Prapto sekarang, membagikan cara menjaga kualitas yangko tersebut. Salah satunya yakni dengan menggunakan bahan baku berkualitas.

“Yang kami pertahankan bahan bakunya, cari yang kualitas baik, jadi rasa dan kualitas ya terjaga,” ujar Gatot.

Ilustrasi yangko gulung yang belum dipotong. SHUTTERSTOCK/ Safira Shoyfiyah Ilustrasi yangko gulung yang belum dipotong.

Selain itu, Gatot juga tak merubah resep dari awal pembuatan sehingga rasanya tetap sama. Namun jika dulu semua pengerjakan masih dilakukan secara manual, kini Gatot mulai menggunakan mesin.

“Kami juga tidak merubah takaran dan cara buatnya, cuma yang dulu semuanya manual, sekarang sudah kami tambahkan mesin,” tambahnya.

Baca juga:

Sebelumnya, Gatot juga mengatakan bahwa ia telah belajar membuat yangko sedari kecil. Jadi, proses pembuatannya pun sudah paham betul.

"Iya saya dari kecil belajar. Jadi Bapak itu punya anak laki tiga, emang dididik untuk bantu bapak. Jadi bantu proses pembuatan yangko itu dari kecil," terang Gatot.

Walau memiliki karyawan tapi Gatot juga tetap terjun di dapur untuk membuat adonan yangkonya, sehingga rasa dan teksturnya tetap sama.

"Masih bikin, yang bikin adonan setiap hari saya," tutup Gatot.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.