Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2021, 09:02 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia memiliki beragam kudapan khas yang bahan dan rasanya mirip. Salah satunya yaitu yangko dan mochi.

Kedua kue ini terbuat dari bahan yang sama, yaitu tepung ketan. Tampilan keduanya juga tampak mirip. Meski begitu sebetulnya mochi dan yangko berbeda. 

Baca juga:

Pemilik usaha Yangko Pak Prapto, Gatot Bondan Renaldi membagikan perbedaan yangko dan mochi. Berikut penjelasannya.

Ilustrasi yangko, jajanan khas Yogyakarta yang mirip mochi. SHUTTERSTOCK/ M.Abdul Rokhman Ilustrasi yangko, jajanan khas Yogyakarta yang mirip mochi.

1. Pembuatan 

Menurut Gatot, pembuatan yangko dan mochi sedikit berbeda. Umumnya, mochi dibuat menggunakan tepung ketan yang dimasak bersama air, gula, dan bahan lainnya. 

Sementara itu, proses memasak yangko dilakukan dua kali. Pertama, beras ketan dikukus lalu dikeringkan, kemudian disangrai dan digiling. 

"Kalau mochi kan langsung dari tepung ketan. Kalau ini matangnya dua kalinya, dikukus, dijemur jadi karak, kemudian digoreng sangrai, kemudian baru digiling," jelas Gatot kepada Kompas.com, Kamis (11/11/2021).

Baca juga:

Ilustrasi mochi isi kacang tanah. SHUTTERSTOCK/ Galuhtati Ilustrasi mochi isi kacang tanah.

2. Bentuk 

Perbedaan yangko dan mochi juga terdapat pada bentuknya. Rata-rata mochi yang dijual di pasaran berbentuk bulat, sedangkan yangko kotak. 

"Iya beda dibentuk, kalau mochi itu bulat, kalau yangko itu kotak," kata Gatot. 

Kendati demikian rasa maupun tekstur mochi dan yangko sama, keduanya kenyal. Bahkan terkadang isiannya pun sama yaitu memakai cincangan kacang tanah. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com