Kompas.com - 08/11/2021, 15:06 WIB
ilustrasi cantik manis atau cente manis, kue manis khas Nusantara. SHUTTERSTOCK/Nur Salamahilustrasi cantik manis atau cente manis, kue manis khas Nusantara.

KOMPAS.com - Cantik manis atau yang dikenal juga dengan cente manis adalah kue basah khas Nusantara yang dibuat dari campuran tepung hunkue, sagu mutiara, dan santan.

Cantik manis bisa disajikan dengan beragam bentuk, seperti dicetak terlebih dahulu atau dibungkus dengan plastik bening.

Kamu bisa menjadikan cantik manis sebagai camilan saat sedang santai atau hidangan sarapan yang cukup mengenyangkan.

Simak resep cantik manis dari buku "Camilan Manis Nusantara" (2016) oleh Tim Dapur Esensi terbitan Erlangga berikut ini.

Baca juga:

Resep cantik manis

Bahan:

  • 1 bungkus (90 gr) tepung hunkue kualitas terbaik 
  • 900 ml santan kental 
  • 150 gr gula pasir
  • 75 sagu mutiara kering
  • 3/4 sdt garam
  • Sehelai daun pandan
  • Plastik bening untuk membungkus

Cara membuat cantik manis

1. Rendam sagu mutiara sampai terlihat sedikit mengembang, kurang lebih selama satu jam. Didihkan air, rebus sagu mutiara hingga matang. Masukkan sagu ke dalam air dingin agar tidak lengket. Tiriskan.

2. Ambil 200 mililiter santan. Campurkan dengan tepung hunkue. Aduk hingga benar-benar rata. Masak 700 mililiter santan bersama garam, daun pandan, dan gula pasir hingga mendidih.

Keluarkan daun pandan. Masak larutan hunkue santan. Kecilkan api dan aduk terus hingga adonan menjadi kental dan bening.

3. Matikan api dan tambahkan sagu mutiara. Aduk rata. Sendokkan satu setengah sendok makan adonan ke atas selembar plastik bening. Gulung, lalu lipat kedua ujungnya ke arah tengah. Dinginkan di kulkas.

Baca juga:

Buku "Camilan Manis Nusantara" (2016) oleh Tim Dapur Esensi terbitan Erlangga tersedia online di Gramedia.com.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.