Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/11/2021, 11:09 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Daun perilla termasuk dalam keluarga mint. Oleh sebab itu, rasanya pun mirip seperti mint tapi ada perpaduan daun basil dan sedikit pahit pada akhir gigitan. 

Kegunaan daun perilla bermacam-macam, bahkan bisa dipakai untuk minuman juga. Lantas, apa saja fungsi daun perilla dalam masakan? Berikut uraiannya. 

Baca juga:

1. Pembungkus makanan

Di Korea Selatan daun perilla bisa digunakan sebagai pembungkus daging barbeku atau makanan lainnya.

Melansir dari The Spruce Eats, Jepang pun menggunakan daun perilla sebagai pembungkus. Penggunaannya yakni untuk sashimi atau sushi. 

Sebelum disantap, biasanya sashimi dibungkus dengan daun perilla lalu dicelupkan dalam kecap asin.

Ilustrasi daun perilla yang digunakan sebagai pembungkus bbq korea.SHUTTERSTOCK/ Boontoom Sae-Kor Ilustrasi daun perilla yang digunakan sebagai pembungkus bbq korea.

2. Menambah kesegaran salad

Berkat rasanya yang segar daun perilla bisa ditambahkan ke dalam salad. Tak hanya salad sayuran, tapi lumpia ala Vietnam pun dapat menggunakan daun perilla dalam bahannnya. 

Penambahan daun perilla dapat rasanya semakin segar dan beraroma.

Baca juga:

3. Campuran minuman dan dessert

Dalam lama The Spruce Eats juga disebutkan bahwa daun perilla pun bisa dipakai sebagai penyegar minuman maupun dessert. Misalnya saja mojito, koktail, dan granita.

Penggunaannya sama seperti daun mint, yakni ditumbuk kasar dalam gelas sajinya atau sebagai garnish.

Ilustrasi daun perilla segar dalam mangkuk. SHUTTERSTOCK/ Boontoom Sae-Kor Ilustrasi daun perilla segar dalam mangkuk.

4. Garnish makanan

Sama halnya dengan rumput laut, daun perilla bisa dikeringkan lalu digunakan sebagai garnish atau taburan makanan. Kamu dapat memakainnya pada nasi, telur dadar, atau sup. 

Baca juga:

5. Penambah aroma masakan

Mengutip dari laman Saveur, koki di Tiongkok kerap menggunakan daun perilla untuk menambah aroma masakan. Pemakainnya bisa untuk aneka sayuran tumis maupun sup. 

Ilustrasi daun perilla atau daun wijen, daun yang biasa dipakai dalam BBQ Korea. SHUTTERSTOCK/ sungsu han Ilustrasi daun perilla atau daun wijen, daun yang biasa dipakai dalam BBQ Korea.

6. Lauk pendamping 

Korea Selatan memiliki beberapa olahan dari daun perilla. Salah satunya yakni dibuat seperti kimchi. Nama hidanganya yaitu kkaennip jangajji. 

Hidangan ini biasa disajikan sebagai lauk pendamping atau banchan dalam beberapa kesempatan. Tak jarang banyak masyarakat Korea yang menyimpannya untuk stok lauk. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com