Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Daun Perilla, Biasa Dipakai Sebagai Pembungkus BBQ Korea?

Kompas.com - 08/11/2021, 09:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Daun perilla biasa digunakan sebagai ssam atau pembungkus makanan pada barbeku ala Korea. Di Korea Selatan, daun ini dikenal dengan nama kkaennip. 

Sementara itu ada pula yang menyebut daun perilla dengan nama daun wijen atau sesame leaf.

Baca juga:

Lantas, sebetulnya apa itu daun perilla? Untuk mengetahui lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Mengenal daun perilla 

Daun perila sebetulnya adalah daun aromatik yang masih satu keluarga dengan mint, seperti dikutip dari Serious Eats. Rasa daun ini yakni perpaduan antara mint dan basil, tapi rasa akhirnya sedikit pahit.

Ada pula yang menyebut bahwa rasa daun perilla merupakan kombinasi dari jeruk dan kayu manis, dengan sedikit perpaduan adas manis. 

Baca juga:

Daun perilla umumnya dijual di supermarket bahan makanan Asia. Selain daun segar, kamu pun dapat membeli daun perilla beku yang sudah ditambahkan minyak wijen. 

Terkadang ada pula daun perilla yang dikeringkan layaknya herbs khas Mediterania.

Ilustrasi daun perilla yang digunakan sebagai pembungkus bbq korea.SHUTTERSTOCK/ Boontoom Sae-Kor Ilustrasi daun perilla yang digunakan sebagai pembungkus bbq korea.

Penggunaan daun perilla

Daun perilla ini banyak digunakan dalam berbagai masakan Asia, seperti barbeku ala Korea serta penyerta sashimi maupun sushi.

Menambahkan dari The Spruce Eats, ada pula yang memakai daun perilla untuk campuran salad serta pelengkap minuman dingin seperti mojito atau dessert granita.

Baca juga:

Selain digunakan sebagai pembungkus, daun perilla juga difermentasi layaknya kimchi.

Cara membuatnya yakni dengan membumbui daun perilla menggunakan kecap asin, minyak wijen, cuka, bawang putih, dan bubuk cabai khas Korea.

Sajian tersebut dikenal dengan nama kkaennipjjim. Biasanya hidangan ini disajikan banchan atau lauk pelengkap ala Korea.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com