Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Simpan Daun Perilla agar Tetap Segar, Aromanya Tidak Berubah

Kompas.com - 08/11/2021, 12:02 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Daun perilla banyak digunakan dalam berbagai masakan Asia. Di Korea Selatan, daun perilla digunakan sebagai pembungkus barbeku. 

Sementara di Jepang, daun perilla juga kerap dipakai untuk membungkus sashimi. Berkat aromanya yang segar, daun perilla pun bisa digunakan untuk pelengkap salad dan minuman.

Baca juga:

Berikut ini ada cara menyimpan daun perilla agar tetap segar dan aromanya tidak berubah. Tips sederhana ini dapat dipraktikkan jika kebetulan daun sisa yang dibeli tersisa. 

Ilustrasi daun perilla segar dalam mangkuk. SHUTTERSTOCK/ Boontoom Sae-Kor Ilustrasi daun perilla segar dalam mangkuk.

1. Tidak perlu dicuci

Daun perilla yang akan disimpan tidak perlu dicuci. Proses pencucian justru dapat membuat daun cepat busuk. Terlebih jika kamu tak mengeringkannya dengan tepat. 

Baca juga: Resep Kimchi Kulit Semangka Pakai Boncabe 

2. Bungkus dengan tisu dapur 

Cara menyimpan daun perilla mudah saja. Mengutip dari The Spruce Eats, daun perilla segar dapat disimpan dengan cara membungkusnya menggunakan tisu dapur atau kain kering.

Kemudian, letakkan daun tersebut di dalam kulkas agar tahan lama. Daun perilla yang disimpan di kulkas umumnya bertahan hingga satu minggu.

Ilustrasi daun perilla yang digunakan sebagai pembungkus bbq korea.SHUTTERSTOCK/ Boontoom Sae-Kor Ilustrasi daun perilla yang digunakan sebagai pembungkus bbq korea.

3. Simpan dalam plastik zip lock

Mengutip dari Seriuos Eats, selain dibungkus tisu dapur, daun perilla pun dapat disimpan dalam plastik zip lock yang longgar.

Selanjutnya, letakkan plastik tersebut di dalam kulkas supaya daun perilla tidak layu.

Baca juga:

4. Menyimpan daun perilla kering

Ada dua macam daun perilla yang dijual di pasaran, yaitu perilla segar dan kering. Cara menyimpan daun perilla kering berbeda dengan perilla segar. 

Untuk menyimpannya, cukup masukkan dalam wadah kedap udara lalu tempatkan di ruangan yang sejuk dan kering. Umumnya, perilla kering bisa tahan lama tapi aromanya tidak sekuat daun perilla segar. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com