Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Tepung untuk Membuat Otak-otak, Bikin Hasilnya Kenyal

Kompas.com - 28/08/2021, 20:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com -Sedang punya stok ikan tenggiri banyak di rumah? Kamu bisa mengolahnya menjadi camilan enak yang disukai anak-anak yaitu otak-otak.

Selain ikan tenggiri, kamu juga bisa menggunakan daging ayam atau udang sebagai bahan membuat otak-otak.

Selain menambahkan daging ikan, ayam, seafood, ada bahan lainnya yang tidak kalah penting untuk membuat otak-otak yaitu tepung.

Baca juga: Resep Otak-Otak Goreng, Jajanan Anak Sekolah yang Favorit

Dalam buku “21 Resep Pempek, Otak-otak, dan Siomay” oleh Redaksi Sajisedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, menyebutkan beberapa jenis tepung yang bisa digunakan untuk membuat otak-otak enak.

1. Tepung sagu

Dalam buku tersebut, tepung sagu bisa ditambahkan ke dalam otak-otak. Penambahan tepung sagu bisa membuat otak-otak kenyal.

Menambahkan dari artikel Kompas.com yang tayang pada Selasa (30/06/2020), tepung sagu terbuat dari sari pati batang pohon sagu.

Baca juga: Bedanya Tepung Sagu dan Tepung Tapioka, Kenali Sebelum Bikin Kue

Tepung sagu biasanya digunakan untuk membuat makanan dengan hasil yang lembut, empuk, dan lengket. Tepung sagu harus dicampurkan dengan bahan lainnya, seperti tepung terigu.

Pasalnya, adonan yang dibuat dengan menggunakan tepung sagu akan terlalu lembek dan lembut.

Baca juga: Resep Otak-otak Lele, Pengganti Tenggiri yang Mahal

2. Tepung hunkwe

Ilustrasi tepung hunkwe atau hunkue disebut juga tepung kacang hijau. Dok. Shutterstock/Katrinshine Ilustrasi tepung hunkwe atau hunkue disebut juga tepung kacang hijau.

Selain tepung sagu, kamu juga bisa menggunakan tepung hunkwe. Menambahkan tepung hunkwe ke dalam adonan otak-otak bisa membuatnya renyah.

Melansir dari artikel Kompas.com yang tayang pada Sabtu (01/05/2020), Executive Sous Chef Fathul Abrar Hotel Santika Bandung menjelaskan, "Tepung hunkwe adalah tepung yang berasal dari sari ati kacang hijau, tekstur sedikit lebih kasar dari tepung terigu biasanya,".

Baca juga: Apa Bahan Dasar Tepung Hunkwe?

Tepung ini memiliki karakteristik teksturnya yang kenyal dan empuk. Selain itu, tepung ini juga memiliki aroma kacang hijau yang lembut.

Baca juga: Resep Otak-otak Ikan Panggang, Masak Bersama Keluarga di Akhir Pekan

3. Tepung tapioka

Pada beberapa resep otak-otak, ada yang menggunakan tepung tapioka pada adonan otak-otak yang dikukus, dibakar, atau digoreng.

Melansir dari artikel Kompas.com yang tayang pada Rabu (21/04/2020), Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan menjelaskan fungsi tepung tapioka yang mana tidak hanya memberikan efek pengental tapi juga pengenyal.

Baca juga: 4 Beda Tepung Tapioka dan Tepung Maizena

Buku “21 Resep Pempek, Otak-otak, dan Siomay” oleh Redaksi Sajisedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com