Kompas.com - 16/06/2021, 11:32 WIB
Ilustrasi tepung maizena yang terbuat dari pati jagung. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi tepung maizena yang terbuat dari pati jagung.

 

KOMPAS.com - Tepung tapioka atau tepung kanji banyak digunakan untuk membuat camilan bertekstur renyah dan kenyal, seperti cireng, cimol, dan cilok.

Mengutip berita Kompas.com, tepung tapioka biasanya berwarna putih bersih dan memiliki tekstur yang halus.

Fungsi utama tepung tapioka adalah untuk membuat makanan menjadi renyah serta mengembangkan adonan.

Baca juga: 3 Fungsi Tepung Tapioka pada Kue dan Masakan, Bukan Cuma Pengental

Selain itu, tepung tapioka juga memiliki satu fungsi yang sama seperti tepung maizena, yaitu  sebagai pengental dalam masakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Takaran tepung tapioka dengan tepung maizena

Leaf tv menyebut bahwa penggunaan tepung tapioka bisa diganti dengan tepung maizena untuk membuat hidangan yang dipanggang.

Gunakan perbandingan 2:1 antara tepung tapioka dan tepung maizena. Jika kamu membutuhkan dua sendok makan tepung tapioka, gunakan hanya satu sendok makan tepung maizena.

Baca juga: 4 Beda Tepung Tapioka dan Tepung Maizena

Ilustrasi tepung tapioka atau tepung kanji, terbuat dari pati singkong. SHUTTERSTOCK/THREEROCKIMAGES Ilustrasi tepung tapioka atau tepung kanji, terbuat dari pati singkong.

Dibandingkan dengan tepung tapioka, tepung maizena membutuhkan waktu lebih lama untuk larut dan mengental jika dicampur dengan bahan lain.

Penggunaan tepung tapioka juga mampu menghasilkan kilau pada makanan, sementara tepung maizena tidak bisa menghasilkan makanan dengan kilau yang sempurna. 

Mengutip Medical News Today, tepung maizena bisa menggantikan tepung tapioka untuk mengentalkan beberapa sajian, seperti sup, saus, dan isian pai. 

Baca juga: 5 Bahan Pengganti Tepung Maizena untuk Masakan

Selain untuk makanan yang dipanggang dan pengental, tepung maizena bisa menjadi pengganti tepung tapioka yang baik pada sajian yang digoreng.

Sama seperti tepung tapioka, tepung maizena mampu memberikan lapisan luar yang renyah saat digoreng. 

Tepung tapioka ataupun tepung maizena dinilai lebih sehat digunakan dalam resep makanan yang digoreng karena hanya menyerap lebih sedikit minyak dibandingkan tepung terigu serbaguna.

Baca juga: Bedanya Tepung Jagung dan Tepung Maizena, dari Tekstur sampai Fungsi



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X