Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Tepung Tapioka Bisa Diganti Tepung Maizena untuk Membuat Kue?

Kompas.com - 16/06/2021, 11:32 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Tepung tapioka atau tepung kanji banyak digunakan untuk membuat camilan bertekstur renyah dan kenyal, seperti cireng, cimol, dan cilok.

Mengutip berita Kompas.com, tepung tapioka biasanya berwarna putih bersih dan memiliki tekstur yang halus.

Fungsi utama tepung tapioka adalah untuk membuat makanan menjadi renyah serta mengembangkan adonan.

Baca juga: 3 Fungsi Tepung Tapioka pada Kue dan Masakan, Bukan Cuma Pengental

Selain itu, tepung tapioka juga memiliki satu fungsi yang sama seperti tepung maizena, yaitu  sebagai pengental dalam masakan.

Takaran tepung tapioka dengan tepung maizena

Leaf tv menyebut bahwa penggunaan tepung tapioka bisa diganti dengan tepung maizena untuk membuat hidangan yang dipanggang.

Gunakan perbandingan 2:1 antara tepung tapioka dan tepung maizena. Jika kamu membutuhkan dua sendok makan tepung tapioka, gunakan hanya satu sendok makan tepung maizena.

Baca juga: 4 Beda Tepung Tapioka dan Tepung Maizena

Ilustrasi tepung tapioka atau tepung kanji, terbuat dari pati singkong. SHUTTERSTOCK/THREEROCKIMAGES Ilustrasi tepung tapioka atau tepung kanji, terbuat dari pati singkong.

Dibandingkan dengan tepung tapioka, tepung maizena membutuhkan waktu lebih lama untuk larut dan mengental jika dicampur dengan bahan lain.

Penggunaan tepung tapioka juga mampu menghasilkan kilau pada makanan, sementara tepung maizena tidak bisa menghasilkan makanan dengan kilau yang sempurna. 

Mengutip Medical News Today, tepung maizena bisa menggantikan tepung tapioka untuk mengentalkan beberapa sajian, seperti sup, saus, dan isian pai. 

Baca juga: 5 Bahan Pengganti Tepung Maizena untuk Masakan

Selain untuk makanan yang dipanggang dan pengental, tepung maizena bisa menjadi pengganti tepung tapioka yang baik pada sajian yang digoreng.

Sama seperti tepung tapioka, tepung maizena mampu memberikan lapisan luar yang renyah saat digoreng. 

Tepung tapioka ataupun tepung maizena dinilai lebih sehat digunakan dalam resep makanan yang digoreng karena hanya menyerap lebih sedikit minyak dibandingkan tepung terigu serbaguna.

Baca juga: Bedanya Tepung Jagung dan Tepung Maizena, dari Tekstur sampai Fungsi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com