Kompas.com - 10/06/2021, 21:07 WIB
Ilustrasi daun pandan untuk bahan pengganti ekstrak vanila. SHUTTERSTOCK/BACKGROUNDYIlustrasi daun pandan untuk bahan pengganti ekstrak vanila.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Selain tampilan yang menarik, aroma kue tradisional yang harum juga dapat membangkitkan selera. 

Ada cara membuat kue tradisional supaya lebih harum dan sedap. Trik sederhananya yakni dengan menambahkan bahan pewangi kue di dalamnya. 

Dalam buku "Ide Masak - Resep Jajan Pasar Favorit" karya Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka, disebutkan beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai penambah aroma jajanan tradisional.  

Baca juga: 17 Bahan Pewarna Alami untuk Masakan, Ada Daun Pandan dan Bunga Telang

1. Vanili 

Vanili adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan sebagai pengharum masakan. Bubuk ini dihasilkan dari buah yang berbentuk polong. 

Dalam penggunaannya, vanili bubuk biasa dicampurkan dengan bahan baku kue. Selain kue, vanili pun juga dapat menjadi bahan pewangi minuman

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 15 Jajanan Tradisional yang Sering Dijual di Pasar, Pernah Coba Semua?

Untuk takarannya sendiri, bisa disesuaikan dengan resep. 

Ilustrasi kayu manis. PIXABAY/GATE74 Ilustrasi kayu manis.

2. Kayu manis 

Kayu manis diambil dari kulit kayu tanaman rempah. Konon, pengharum kue ini sudah digunakan oleh bangsa Mesir Kuno sejak 5.000 tahun yang lalu. 

Masyarakat Indonesia sendiri kerap menggunakan kayu manis sebagai bahan pewangi makanan ataupun minuman.

Biasanya, yang digunakan ialah kayu manis batang atau kayu manis bubuk. 

Baca juga: Resep Pisang Goreng Kayu Manis yang Crispy, Camilan buat Jualan

3. Daun pandan

Selain pewarna makanan, daun pandan juga dapat digunakan sebagai penambah aroma masakan. Termasuk pada jajanan tradisional.  

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X