Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya Tepung Jagung dan Tepung Maizena, dari Tekstur sampai Fungsi

Kompas.com - 29/06/2020, 12:12 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tepung jagung dan tepung maizena sama-sama terbuat dari jagung. Tak sedikit orang mengira keduanya tepung yang sama.

Baca juga: Beda Fungsi Tepung Terigu Serbaguna, Protein Rendah, dan Protein Tinggi

Namun tepung ini memiliki perbedaan warna, bentuk, dan kegunaan, bahkan jika dilihat dari kasat mata keduanya tidak memiliki kesamaan bentuk dan tekstur.

Chef Siti Kanari selaku Senior Pastry & Bakery Cook Hotel Santika Bandung menjabarkan perbedaan tepung jagung dan tepung maizena.

1. Bentuk dan tekstur

"Intinya tepung jagung terbuat dari jagung yang dihaluskan, jagung langsung dihancurkan saja lalu dikemas," papar Siti kepada Kompas.com, Minggu (28/6/2020).

Tepung jagung memiliki tekstur yang sedikit kasar dibanding jenis tepung lainnya, warnanya pun tidak putih tetapi cenderung kuning.

Sementara itu, tepung maizena terbuat dari pati dalam jagung. Kemudian diproses hingga berbentuk putih bersih sangat halus dan tidak ada warna kekuningan.

Ilustrasi tepung maizena yang terbuat dari pati jagung. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi tepung maizena yang terbuat dari pati jagung.

2. Kegunaan dalam makanan

"Kalau tepung jagung biasanya suka dipakai bubur jagung makanan-makanan yang seperti talam jagung, bubur jagung yang rasanya menonjolkan rasa khas jagung. Bisa juga untuk campuran fuyunghai," ujar Siti.

Tepung jagung harus dipadukan dengan bahan baku lain, seperti tepung terigu. Agar adonannya tidak pecah pecah dan lebih lentur.

Sementara tepung maizena berfungsi sebagai pengental makanan. Kebanyakan dipakai pada masakan khas China. Antara lain seperti saus koloke, kuah kwetiau siram, dan masih banyak lagi.

Kalau untuk gorengan tidak disarankan menggunakan tepung maizena saja. Sebaiknya dicampur tepung terigu dan tepung beras supanya gorengan lebih renyah.

Tepung maizena sering dicampurkan pada adonan kue mulai dari rolade daging sampai roll cake. Tujuannya untuk melembutkan kue agar bisa digulung.

Selain itu, tekstur kue pun lebih halus serta adonan tidak pecah saat diolah dan digulung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com