10 Makanan di Suryakencana Bogor untuk Wisata Kuliner

Kompas.com - 28/06/2020, 17:02 WIB
Kuliner yang satu ini mulai dijual sekitar tahun 1970an di kawasan pecinan Semarang. Salah satu pelopornya ialah nenek dari Ernes, seorang pedagang Lumpia Bogor yang sudah generasi ketiga sejak 1972. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaKuliner yang satu ini mulai dijual sekitar tahun 1970an di kawasan pecinan Semarang. Salah satu pelopornya ialah nenek dari Ernes, seorang pedagang Lumpia Bogor yang sudah generasi ketiga sejak 1972.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Suryakencana di Bogor terkenal sebagai salah satu pusat kuliner di Kota Hujan.

Di sini kamu dapat menemui berbagai makanan dari yang halal sampai non halal.

Namun baiknya kalau mau bersantap di Surayakencana pada masa pandemi, dibungkus untuk makan di penginapan. Patuhi juga protokol dan selalu jaga jarak saat berwisata kuliner. 

Kompas.com merangkum 10 makanan halal di Suryakencana Bogor yang wajib dicoba. Banyak makanan yang terbilang langka ada di sana, seperti berikut:

Baca juga: 8 Kuliner Malam di Kota Bogor, dari Asinan hingga Surabi Duren

1. Lumpia Basah

Salah satu pelopor lumpia basah di Bogor adalah nenek dari Ernes, seorang pedagang lumpia basah yang sudah berjualan sejak 1972.

Lumpia basah khas Bogor berbeda dengan lumpia semarang yang berisikan rebung, telur, dan cacahan udang.

Lumpia khas Bogor menggunakan cacahan bengkuang, tauge, tahu, ebi giling, juga telur. Lumpia pun tidak digulung dan digoreng, melainkan disajikan di atas adonan "kulit" berupa crepe tipis.

Sejak tahun 1980-an, gerobak hijau milik Ernes menetap di depan Ngo Hiang, Jalan Suryakencana No 307.

Baca juga: 7 Tempat Makan Bakso Terkenal di Jakarta, Waktunya Ngebakso

2. Laksa Bogor

Laksa setiap daerah memiliki cita rasa berbeda. Di Bogor juga ada laksa, salah satinya dijual di Gang Aut, Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah.

Di sana terdapat Laksa Gang Aut Mang Wahyu yang dikelola oleh generasi ketiga pemiliknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X