Kompas.com - 23/04/2021, 03:06 WIB
Ilustrasi tepung beras. SHUTTERSTOCK/HANDMADEPICTURESIlustrasi tepung beras.

KOMPAS.com - Tepung maizena sering digunakan untuk membuat tekstur kue menjadi renyah atau sebagai pengental pada makanan berkuah seperti sup dan saus.

Jika kamu tidak memiliki tepung maizena saat memasak, bisa gunakan lima bahan alternatif maizena dilansir dari Healthline .

Baca juga: Apa Fungsi Tepung Maizena pada Nastar dan Kue Kering Lain?

1. Tepung terigu

Terigu bisa menjadi pengganti maizena. Cara menggunakannya, kamu perlu dua kali lipat terigu dan tambahan air dingin agar efek yang diberikan bisa serupa dengan maizena.

Satu sendok tepung maizena, bisa diganti dengan dua sendok tepung terigu sebagai pengganti.

Caranya, campurkan dengan sedikit air dingin terlebih dahulu hingga membentuk pasta agar adonan tidak menggumpal saat dicampur dengan masakan.

Perlu diperhatikan bahwa tepung terigu tidak bebas gluten sehingga tidak cocok untuk penderita penyakit celiac, orang yang sensitif terhadap gluten.

Baca juga: 4 Beda Tepung Tapioka dan Tepung Maizena

2. Pati garut

Pati garut adalah tepung yang terbuat dari umbi garut atau akar tumbuhan marga Maranta. Tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah tropis.

Akar tanama pati garut perlu dikeringkan lalu digiling menjadi bubuk halus, kemudian bisa digunakan sebagai pengental dalam masakan.

Saat dicampur dengan air, pati garut akan membetuk gel bening sehingga bagus untuk mengentalkan cairan bening.

Sama seperti tepung terigu, kamu perlu menggunakan dua kali lebih banyak pati garut dari kebutuhan tepung maizena untuk mendapatkan hasil yang serupa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X