Kompas.com - 22/04/2021, 08:45 WIB
Ilustrasi kluwek atau keluak.  Dok. Shutterstock/JPL DesignsIlustrasi kluwek atau keluak.

KOMPAS.com - Keluak dikenal sebagai salah satu bahan pembuat rawon, hidangan khas Jawa Timur. Akrab dengan sebutan kluwek, rempah hasil olahan pohon picung ini ternyata memiliki kegunaan lain yang jarang diketahui.

Mulai dari bumbu masakan hingga obat luka, simak 4 fungsi keluak bagi manusia.

1. Bumbu masakan

Keluak terkenal sebagai rempah. Salah satu masakan yang paling umum adalah Rawon. Keluak dapat menambah cita rasa gurih pada masakan dan membuat kuah hidangan berwarna hitam pekat.

Menurut Nuri Andarwulan, Dosen Departemen Ilmu dan Tekonologi Pangan di Institut Pertanian Bogor, kegunaan keluak sebagai bumbu masakan mampu meningkatkan nafsu makan dan membuat imun tubuh karena cita rasa khasnya.

Baca juga: Mengenal Kluwek, Rempah Khas untuk Rawon yang Mengandung Asam Sianida

2. Pengawet ikan

Bahan baku keluak, yaitu buah picung dapat digunakan sebagai pengawet ikan.

Caranya, biji picung diambil dari buahnya dan dicacah lembut. Kemudian, cacahan tersebut dapat langsung diletakan pada ikan.

Kandungan asam sianida dalam biji picung dapat membuat bakteri yang terdapat pada ikan menjadi mati. Hasilnya, ikan bisa awet paling tidak hingga dua hari setelah ditaburi biji picung.

Baca juga: Proses Hilangkan Sianida dari Biji Picung Jadi Kluwek, Yuk Simak

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X