Kompas.com - 18/04/2021, 12:09 WIB
Ilustrasi agar-agar berry olgakrIlustrasi agar-agar berry

KOMPAS.com - Pernah membuat agar-agar tapi hasilnya kurang memuaskan atau tidak mengeras?

Bisa jadi, ada hal kecil yang kurang diperhatikan saat membuat agar-agar sehingga membuat hasil dari agar-agar menjadi tidak mengeras.

Namun, apa itu agar-agar? Melansir dari Best Kitchen Hub, agar-agar berasal dari rumput laut (alga merah) yang bisa ditemui dengan mudah di wilayah Pasifik dan pesisir California.

Agar-agar sering kali digunakan untuk membuat makanan penutup.

Baca juga: Bedanya Agar-Agar dan Gelatin, Bahan Makanan untuk Dessert

Biar hasil dari agar-agar buatanmu hasilnya sesuai dengan ekspektasi dan maksimal, ketahui dan hindari penyebab agar-agar tidak mengeras.

Melansir dari buku “Koleksi Kreatif Resep Agar-Agar” (2013) oleh Pustaka Swallow Globe terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, hindari hal ini saat memasak agar-agar.

1. Ketahui cara dasar membuat agar-agar

Ilustrasi agar-agar buah. SHUTTERSTOCK/13SMILE Ilustrasi agar-agar buah.

Penyebab agar-agar tidak mengeras yang pertama adalah tidak melarutkan agar-agar dengan air terlebih dahulu.

Cara membuat agar-agar yang paling dasar adalah melarutkan agar-agar dengan air dan masak hingga mendidih sambil terus diaduk.

Biarkan adonan agar-agar mendidih selama satu sampai dua menit supaya agar-agar dapat mengikat air dengan sempurna dan membuat hasilnya mengeras dan tidak menggumpal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X