Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2021, 10:33 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Singkong merupakan jenis tanaman umbi yang banyak tumbuh di negara tropis seperti Indonesia.

Kamu dapat menemukan singkong dengan mudah di pasar tradisional. Namun, menyimpan singkong tidak semudah menemukannya di pasaran.

Baca juga: Cara Rebus Daun Singkong agar Cepat Empuk dan Tetap Hijau

Menurut penjual singkong di pasar Parung, Jawa Barat, Haji Rudi, singkong hanya memiliki waktu tahan selama tiga hari sebelum dikupas.

“Singkong yang bagus hanya tahan tiga hari, kalau udah lewat tiga hari, sudah gak layak,” tutur Rudi saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (17/4/2021).

Singkong yang dimaksud adalah jenis singkong Sukabumi. Singkong ini bagus diolah untuk banyak jenis kolak, kue, dan keripik.

Selama tiga hari, singkong akan bertahan dengan baik tanpa perlakuan khusus. Hanya perlu menyimpannya harus dalam suhu ruang.

Jika kamu ingin menggunakan singkong pada hari yang sama setelah membelinya, tidak masalah untuk mengupas singkong terlebih dulu.

Baca juga: Resep Jemblem, Gorengan Manis dari Singkong

Singkong dapat dikupas dan dipotong kecil-kecil. Setelahnya, singkong harus direndam dalam air banyak.

“Habis dikupas, singkong harus direndam di dalam air dan tahan sampai 24 jam. Kalau mau dipakai, cuci bersih lagi,” ujar Rudi.

Rudi yang berjualan singkong di Pasar Parung, Jawa Barat menjual satu kilogram singkong dan ubi jalar mulai harga Rp 5.000 hingga Rp 8.000.

Baca juga: Resep Kolak Ubi Simple Tambah Kurma, Ide Menu Takjil Hemat

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com